Keberhasilan Dan Perubahan Hasil Kerja Keras Kades Samuel Tarigan Membangun Desa Tanah Pinem

Dairi – Sumut, PW: Pembangunan Pedesaan bisa dipercepat dengan cara memberdayakan masyarakat, namun Kenyataan selama ini menunjukkan bahwa suatu pembangunan secara besar-besaran dari masyarakat desa masih menemui kesulitan dan kendala yang disebabkan oleh keterbatasan dana dan sumberdaya manusia yang terbatas untuk menjangkau daerah pedesaan secara keseluruhan, sehingga pembangunan desa dapat mungkin harus direalisasikan dengan bantuan minimal dari pemerintah. Dengan kondisi seperti ini maka inisiatif dan partisipasi masyarakat itu sendiri menjadi sangat penting dan menentukan keberhasilan pembangunan desa sehingga kemajuan desa bisa terlihat.

Kepala Desa sebagai pemimpin harus menjadi Panutan bagi masyarakat. Sebab itu menjadi seorang pemimpin harus mampu Melahirkan berbagai hal agar masyarakat dapat mengikuti sikap Keteladanannya dan bisa menjadi Contoh bagi masyarakat.

Meski, pada akhirnya pro dan kontra di masyarakat tidak bisa terelakkan, seperti pengalaman Samuel Tarigan Saat Di Konfirmasi Awak Media Pelopor Wiratama di Kantor Desa Tanah Pinem Kec Tanah Pinem Kab Dairi. misalnya Tersohor sebagai salah satu Kepala Desa di Kec Tanah Pinem yang berhasil dalam pencapaian pembangunan secara merata dan transparansi selama satu Priode Menjabat (2016 – 2021).

Pelopor Wiratama menelusuri kebenaran atas capaian pembangunan yang dilaksanakan Kades Tanah Pinem Samuel Tarigan yang digadang-gadang berhasil membangun desanya Secara Merata.

Saat  Ditemui PW belum lama ini, sejumlah Warga di Desa Tanah Pinem ternyata menuai pro kontra terkait capaian di desa tersebut Hingga akhirnya bertemu Kepala Desa di Kantornya. Samuel Tarigan menyambut baik dan memaparkan capaian pembangunan yang telah terlaksana selama Satu Priode mulai dari Tahun 2016 sampai dengan 2021.

Keberhasilan capaian pembangunan Desa, semua atas dasar kerja sama yang baik antara masyarakat, BPD dan seluruh staf kantor Desa Tanah Pinem Dan Kita selalu melakukan koordinasi terkait pembangunan yang dilaksanakan sesuai kebutuhan warga saya, ujar Samuel Tarigan.

“Sebagai Kepala Desa, saya memiliki tugas utama yaitu, bagaimana menciptakan kehidupan demokratis, memberikan pelayanan sosial yang baik sehingga dapat membawa warganya pada kehidupan yang sejahtera, rasa tentram dan berkeadilan, “ kata Samuel.

Lebih lanjut Samuel memaparkan, pembangunan yang telah di nikmati warganya mulai 2016 -2021 antara lain, Fisik 2016 dan sampai saat ini masih bagus. Adalah pembangunan Jalan di Dusun Atu ke Gang-Gang Perumahan Warganya Dan Di Tambah lagi Bedah Rumah Yang Sudah Dapat di Nikmati Warganya Dan Salah Satunya Tempat Dimana Suku karo Mengadakan Pesta Adat juga Sudah Di bangun Iya itu Balai Atau di sebut Los.

Ditambahkannya lagi, Masih Banyak Program Kedepannya Yang akan Di bangun untuk Kesejahtraan Warganya. Saat Di konfirmasi Samuel Tarigan Melemparkan Senyum Jika Warga Saya Masih memberi Kepercayaan Atau Amanah untuk Meneruskan Pembangunan Desa ini Saya Akan Tetap mengedepakan Kesejahtraan Warga Saya tuturnya.

Kemampuan kepala desa Tanah Pinem dalam mengelola pembangunan desa (menyusun program, membuat perencanan program, merancang implementasi program, mengawasi dan mengevaluasi program) serta kemampuan kepala desa dalam memimpin dan menggerakan bawahan atau perangkat desa dan masyarakat sejauh ini masih sangat mumpuni. Kepala Desa Tanah Pinem saat ini tergolong mampu dalam mengambil keputusan, berintegrasi dengan masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat, memotivasi dan melakukan persuasif terhadap masyarakatnya. .*Cikwan Tarigan

Related posts