Siapkan Prajurit Untuk Tampil Di Garda Terdepan Dalam Penanggulangan Wabah Covid-19, Lantamal XIII Gelar Vaksinasi Covid-19 Tahap II

TARAKAN – PW: Dalam rangka mempersiapkan prajurit untuk tampil di garda terdepan guna membantu program pemerinrah dalam upaya penanggulangan wabah Covid-19, Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 Tahap II yang berlangsung di Kantor Balai Kesehatan Lantamal XIII, Jl. Panglima Batur, Kelurahan Pamusian, Kecamatan Tarakan Tengah, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (23/03/21).

Turut hadir mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 Tahap II ini antara lain, Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si., Ketua Koordinator Cabang XIII Daerah Jalasenastri Armada II (Korcab XIII DJA II) Ny. Putri Haris Bima beserta para pengurus Korcab XIII DJA II, para Asisten Danlantamal XIII, Ka. Kuwil Lantamal XIII Letkol Laut (S) Suhardi, S.E., M.Psi. serta para Kasatker Lantamal XIII dan para personel Lantamal XIII lainnya. Tahapan dalam pelaksanaannya masih tetap sama dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Tahap I, yaitu dimulai dari pendaftaran dan validasi peserta vaksin, screening atau pemeriksaan kesehatan peserta vaksin, yang kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan vaksin apabila dinyatakan memenuhi persyaratan serta yang terakhir adalah pencatatan dan observasi.

Kegiatan vaksinasi tahap II tersebut selain bertujuan untuk meningkatkan imunitas prajurit agar selalu siap dalam melaksanakan tugas, termasuk dalam penegakan disiplin protokol kesehatan, sekaligus sebagai upaya membantu program pemerintah dalam percepatan vaksinasi secara massal sehingga dapat berkontribusi pada Program Vaksinasi Nasional. Kadiskes Lantamal XIII Letkol Laut (K) Moh. Muktadir, SKM., M.H. dalam keterangannya menyampaikan bahwa, “berdasarkan Telegram Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudho Margono, S.E., M.M., bahwasanya seluruh Prajurit TNI AL wajib mendukung kegiatan Vaksinasi Covid-19 yang telah diprogramkan oleh pemerintah. Kita selaku prajurit yang berada di perbatasan yaitu di Kota Tarakan, tentunya wajib memiliki kesehatan yang prima. Dengan adanya kegiatan vaksinasi ini, diharapkan muncul adanya Herd Immunity, sehingga dalam menjalankan tugas pokok sebagai prajurit, kita juga dapat mendukung program pemerintah dengan maksimal”.

“Dalam hal ini, Diskes Lantamal yang didukung oleh Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Ilyas Tarakan sudah menyiapkan beberapa vaksinator, yang hingga saat ini sudah ada 10 vaksinator”, imbuhnya. Selama kegiatan berlangsung, berjalan tertib, lancar dan aman serta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Related posts