Personel Kodim 1009/Tanah Laut Beserta Perangkat Desa Galam Berikan Himbauan Jaga Kebersihan Lingkungan

Tanah Laut-PW:Masih maraknya aktivitas sejumlah oknum masyarakat membuang sampah sembarangan, mendorong Babinsa Koramil 1009-02/Pelaihari Kodim 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman Sertu Norkholis bersama-sama dengan perangkat Desa berinisiatif memasang banner himbauan untuk menjaga kebersihan sungai dan lingkungan serta larangan membuang sampah sembarangan di sejumlah titik di Desa Galam, Kec. Bajuin, Kab. Tanah Laut, Selasa (2/07/2024).

Sertu Norkholis mengatakan bahwa pihaknya bersama aparatur Desa Galam terus berupaya menghimbau masyarakat baik dengan cara Sosialisasi kebersihan lingkungan yang di gelar di balai desa maupun dengan cara memasang banner himbauan di tempat strategis guna mencegah masyarakat membuang sampah ke sungai dan lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Menjaga kebersihan sungai merupakan tugas tanggungjawab kita bersama dan harus ditanamkan di setiap individu kita. Pencemaran sungai dengan membuang sampah ke sungai dapat merusak kualitas ari, merusak ekosistem dan dapat menghambat lajunya aliran air dan menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir,” tuturnya.

“Kami berharap kepada masyarat agar selalu peduli terhadap kebersihan sungai demi menjaga kelangsungan ekosistem lingkungan sebagai warisan bagi anak cucu nantinya,” ujar Sertu Norkholis menambahkan.

Babinsa Koramil 0805/05 Karangjati Desa Gempol Koptu Maryadi mengatakan, dia minta untuk kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan khususnyan sungai masih belum tumbuh dengan baik dalam pribadi setiap orang.

“Sedangkan sungai terlihat kurangnya kepedulian dari masyarakat bahkan terhadap kebersihan sungai dan masih banyak masyarakat membuang sampah kedalam sungai sehingga dapat mengakibatkan pencemaran sungai,”ujarnya.

Sertu Norkholis mengatakan bahwa pihaknya bersama aparatur Desa Galam terus berupaya menghimbau masyarakat baik dangan cara Sosialisasi kebersihan lingkungan yang di gelar di balai desa maupun dengan cara memasang banner himbauan di tempat tertentu guna mencegah masyarakat membuang sampah ke sungai dan lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Menjaga kebersihan sungai merupakan tugas tanggungjawab kita bersama dan harus di tanamkan di setiap individu kita. Pencemaran sungai dengan membuang sampah ke sungai dapat merusak kualitas ari, merusak ekosistem dan dapat menghambat lajunya aliran air dan menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir,” tuturnya.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/Tanah Laut Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., mengharapkan apa yang telah dikerjakan oleh Babinsa serta perangkat desa binaannya dapat mengunggah kesadaran masyarakat setempat betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Dengan adanya pemasangan himbauan seperti itu, semoga masyarakat selalu peduli terhadap kebersihan sungai demi menjaga kelangsungan dan kelestarian ekosistem di dalamnya, sehingga dapat menjadi warisan bagi anak cucu kita kelak” ujar Dandim.

(red/mask95).

Related posts