Begini Pesan Ketua Panwascam Cikoneng Kepada 9 Orang Usai Dilantik dan Diambil Sumpah Jabatan Sebagai PKD

Ciamis, Jabar — PW.Ketua Panwascam Kecamatan Cikoneng melantik 9 Orang Pengawas Kelurahan atau Desa (PKD) Pada Pemilu Pilkada Serentak Tahun 2024.

Pelantikan tersebut dilaksanakan di Gedung FKDT Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (02/6/2024).

Hadir dalam acara tersebut Camat Cikoneng Nandang Nugraha S.Sos Ketua Bawaslu Ciamis Jajang Miptahudin, Ketua Panwascam Cikoneng Kusumah, Danramil 1302/Cikoneng Kapten Arm Yuni Ariyadi, Kapolsek Cikoneng AKBP Ipin Tasripin SH, 22 Orang Pengurus Panwascam Cikoneng dan 9 orang PKD yang dilantik.

Dalam sambutannya Ketua Panwascam Cikoneng Kusumah Menuturkan, ada 9 orang PKD dari 9 Desa yang ada di Kecamatan Cikoneng yang telah dilantik.
Pelantikan tersebut, berdasarkan SK No 001/HK.01.01/K.JB-05/08/08/2024 tentang penetapan anggota panitia pengawas pemilihan umum kelurahan atau Desa se Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis.

Kusumah berharap, mereka yang dilantik segera menyesuaikan dan beradaptasi di wilayahnya masing-masing. Pelajari regulasi yang ada untuk bekal dalam menjalankan tugas dilapangan nanti pada pelaksanaan Pilkada 2024.

Nandang Camat Kecamatan Cikoneng dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya sebagai PKD dan selamat menjalankan tugas semoga Pilkada 2024, dapat berjalan dengan baik, sukses dan berintegritas.

Menurut Camat, PKD harus melaksanakan tugas apa yang telah tercantum dalam fakta Integritas, tugas PKD sangat berat karena berhubungan langsung dengan masyarakat, karena Pemilu Presiden dan legislatif sangat berbeda dengan Aura Politik Pilkada, karena konflik kepentingan sangat tinggi, PKD sebagai pengawas di tiap Desa dan dalam pelaksanaan dilapangan jangan sampai tidak netral,” ungkapnya.

Menurut Nandang, berbicara Pilkada, Kabupaten Ciamis merupakan salah satu wilayah yang ada di Jawa Barat yang melaksanakan Pilkada, dimana pada tanggal 27 November 2024 masyarakat akan menentukan pucuk pimpinan untuk Kabupaten Ciamis kedepan lebih baik dan maju lagi.

“Kabupaten Ciamis merupakam wilayah yang ada di Jawa Barat yang melaksanakan pilkada serentak, berharap para PKD yang dilantik dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” Pungkasnya.

Jajang Miptahudin Ketua Bawaslu Kabupaten Ciamis mengatakan, dengan dilantiknya PKD se Kecamatan Cikoneng untuk Pilkada Serentak Tahun 2024, diharapkan bisa membawa semangat baru dan lebih meningkatkan etos kerja.

Menurut Jajang para PKD akan bersentuhan langsung dengan masyarakat dan akan bergesekan dengan relawan dan Partai Politik baik ditingkat Desa, Kecamatan mupun tingkat Kabupaten.

“PKD merupakan wadah penyelenggara Pemilu dalam hal pengawasan, diharapkan dalam pilkada 2024 bisa lebih meningkatkan etos kerja dan menjaga Netralitas sesuai yang diungkapkan dalam fakta integritas,” terangnya.

Menurut Jajang, pada pemilu lalu ada hal yang merasa kurang maksimal dalam pengawasan, nah inilah waktunya kita membuktikan kepada masyarakat bahwa kita akan lebih meningkatkan kwalitas pengawasan dan tentunya akan mensukseskan pilkada tahun 2024.

Dalam menjalankan tugas dilapangan Bawaslu Ciamis akan melaksanakan bimbingan-bimbingan tekhnik terkait tugas dan pungsi Panwascam dan PKD juga Pengawas tingkat KPPS,” Tukasnya.

Sementara Ketua Panwascam Kecamatan Cikoneng Kusumah saat diwawancarai awak media menuturkan, untuk melakukan pengawasan pemilihan pada pilkada serentak diwilayah kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis, ada 9 orang PKD yang dilantik, mereka terdiri dari 9 Desa yang ada di Kecamatan Cikoneng.

Menurut Kusumah, mereka yang dilantik harus sesuai dengan regulasi dan peraturan undang-undang yang berlaku dalam menjalankan tugas dan harus siap kelapangan untuk melaksanakan pengawasan tahapan-tahapan pikada 2024.

“Untuk bekal dalam pelaksanaan tugas dan kinerja dilapangan, kami akan melaksankan bimbingan-bimbingan teknik kepada PKD,” tandasnya.*** Jurnalis: FAI

Related posts