Bersama-sama Menuju Indonesia Emas, Komandan Satrol Lantamal XIII Pimpin Upacara Bendera Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024

 

TNI AL, Tarakan, 20 Mei 2024 – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-116 Tahun 2024, personel Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XIII melaksanakan Upacara Bendera, yang dipimpin langsung oleh Komandan Satrol Lantamal XIII Letkol Laut (P) Wahyu Hidayat, S.E., M.Si(Han)., M. Tr.Opsla., bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal XIII, Jl. Sei Ngingitan Kelurahan Mamburungan, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara. Senin (20/05)

Dengan mengusung tema “Bangkit Untuk Indonesia Emas”, tanggal 20 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional, yang dimaknai sebagai titik awal dimana bangsa Indonesia bangkit dan memiliki jiwa Nasionalisme dan rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi.

Dalam amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Budi Arie Setiadi yang dibacakan oleh Komandan Satrol Lantamal XIII menyampaikan bahwa lebih dari seabad lalu, tepatnya pada tanggal 20 Mei 1908, telah lahir Organisasi Boedi Oetomo, yang dimana masa itu menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan Kemerdekaan Indonesia.

Saat ini berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, yang dihadapi saat ini adalah beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru.

“Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri dan keyakinan. Di titik inilah, seluruh potensi Sumber Daya Alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi kita menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045”, pungkas Komandan Satrol Lantamal XIII membacakan akhir amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.

Related posts