Isu-isu Strategis Saat Ini Menjadi Acuan Dalam Penyusunan RPD 2025-2026

 

CIAMIS, JABAR — PW.Wakil Bupati Ciamis membuka Secara resmi Forum Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Ciamis Tahun 2025 – 2026 dan Kick Off Meeting Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Ciamis Tahun 2025, pada (28/12/2023) siang, bertempat di Aula BAPPEDA Kabupaten Ciamis.

Acara dilaksanakan secara hybrid, hadir juga pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD, Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, para Kepala SKPD, unsur komite perencana, Camat, Kades/Lurah, organisasi wanita, instansi vertikal, akademisi, ormas, dan beserta tamu undangan lainnya.

RPD merupakan dokumen perencanaan yang harus disusun sesuai dengan amanat Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2023 tentang Penyusunan Dokumen RPD bagi Daerah dengan Periode Rencana Jangka Menengah Daerah berakhir pada tahun 2024.

Forum Konsultasi Publik RPD dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapatkan saran dan masukan dari seluruh pemangku kepentingan dalam rangka penyempurnaan rancangan RPD Kabupaten Ciamis Tahun 2025-2026 yang telah disusun.

Sedangkan Kick off Meeting penyusunan RKPD Kabupaten Ciamis tahun 2025 lanjutnya, bertujuan untuk menginformasikan agenda pembangunan serta arah kebijakan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2025.

Mengawali sambutannya Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra membahas bahwa Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Ciamis yang berakhir pada tahun 2024, tetap membutuhkan dokumen rencana pembangunan. Sebagai dasar penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025.

“karena hal tersebut sembari menunggu penyusunan RPJMD pasca pemilu kepala daerah serentak nanti,” Katanya.

“Adapun dokumen perencanaan tersebut adalah Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2025-2026,” Imbuhnya.

Wabup Yana juga mengemukakan bahwa rencana pembangunan daerah (RPD) Kabupaten Ciamis pada periode tahun 2025-2026 dan RKPD Kabupaten Ciamis tahun 2025 haruslah dirancang dengan penuh pertimbangan.

“yakni dengan mempertimbangkan hasil evaluasi kinerja daerah serta isu-isu penting yang sedang berkembang saat ini,” Pungkasnya.

Sementara itu Kepala BAPPEDA Ciamis David Firda memaparkan terkait permasalahan, isu strategis, tujuan, sasaran dan arah kebijakan pembangunan pada tahun 2025-2026, Sebagaimana tertuang dalam dokumen Rancangan RPD Kabupaten Ciamis Tahun 2025-2026 yang akan dijadikan sebagai dasar dalam penyusunan RKPD Kabupaten Ciamis Tahun 2025

“Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya saran dan masukan dari para pemangku kepentingan untuk penyempurnaan Rancangan RPD Kabupaten Ciamis Tahun 2025-2016. Serta tersampaikannya rencana agenda perencanaan pembangunan tahun 2025 kepada seluruh stakeholder,” Paparnya

Acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber dari Bappeda Provinsi Jabar dan Kemendagri.

Jurnalis:Adyluhung/rls

Related posts