Danseskoau: Dosen dan Patun Harus Dapat Kembangkan Potensi Perwira Siswa

LEMBANG, PW: Setiap Perwira Siswa (Pasis) memiliki potensi dan kemampuan sesuai bidangnya masing-masing yang harus terus dibina dan dikembangkan melalui bimbingan para Dosen dan Patun. Hal ini berarti, keberadaan Dosen dan Patun menjadi penting dalam mengembangkan potensi yang dimiliki para Pasis.

Hal tersebut disampaikan oleh Danseskoau Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P., saat memberikan jam Komandan kepada seluruh peserta standardisasi pengajaran Seskoau dan Sesau di Gedung Widya Mandala I Seskoau, Lembang, Bandung Barat, Selasa (9/1/2023).

Untuk aspek peserta didik atau Pasis, lanjutnya, Seskoau harus dapat menyelaraskan dengan tuntutan zaman yang terus berubah, apalagi melihat dari data para Pasis Seskoau Angkatan Ke-60 TP 2023 banyak potensi yang dapat dikembangkan secara maksimal.

“Mereka tentunya memiliki motivasi untuk berkembang dan meningkatkan kualitas dirinya, hal ini menjadi penting untuk kita dapat menjaga motivasi para Pasis sampai dengan akhir pendidikan nanti, sehingga hasil dari awal sampe akhir pendidikan akan terlihat perkembangannya,” tambah Danseskoau.

Dengan demikian, perlunya menanamkan karakter kepada para Pasis untuk dapat mengembangkan hal-hal positif sesuai potensi dan talenta para Pasis sebagai bekal untuk melaksanakan tugas kedepannya.

Selain itu, lanjutnya, lembaga harus dapat menciptakan iklim yang baik agar terciptanya nuansa akademis dengan keberanian menyampaikan suatu buah pemikiran dan hal tersebut yang akan terus didorong, sehingga para Pasis dapat mengembangkan potensinya dan memiliki karakter yang kuat.

“Potensi Pasis tidak sama antara satu dengan lainnya, sehingga perlu dikembangkan sesuai dengan tugasnya, agar tercipta cara pandang yang sama terhadap Angkatan Udara terutama dari aspek operasi dan Latihan,” tegasnya, karena salah satu outcome yang diharapkan TNI Angkatan Udara kepada lembaga Seskoau adalah membentuk generasi TNI Angkatan Udara yang profesional, modern, dan tangguh.

Melalui standardisasi pengajaran, Danseskoau berharap Dosen dan Patun Seskoau dapat diberdayakan semaksimal mungkin sehingga dapat memberikan kontribusi secara maksimal dalam lembaga pendidikan ini.

“Kita semua harus memiliki keyakinan bahwa kedepannya akan semakin maju, dengan pemberdayaan sumber daya manusia TNI Angkatan Udara yang dimiliki Seskoau,” ujarnya

.

Related posts