Prajurit Galagasi Perkasa Ambil Tawanan Perang

(Situbondo) PW: Prajurit Batalyon Polisi Militer 2 Marinir (Yon POM 2 Mar) melaksanakan Latihan Satuan Lanjutan (LSL) TW II Tahun 2022 tentang pemantapan fungsi Kepolisian Militer dalam Operasi Militer Perang (OMP), salah satunya Pengurusan Tawanan Perang (Rustaper) di daerah latihan Pantai Banongan Situbondo, Jawa Timur. Rabu (22/06/2022).

Pada latihan tersebut disimulasikan Standar Operasional Prosedur (SOP) mengenai rustaper dengan skenario satuan Infanteri yang berada di garis depan mendapatkan tawanan perang dan meminta Polisi Militer untuk ditindaklanjuti.

Selanjutnya Danton Pom memerintahkan satu regu untuk berangkat pengurusan tawanan tersebut sesuai dengan koordinat yang telah ditentukan, hasil dari timbang terima tersebut adalah 1 pucuk pistol dan dokumen penting.

Selama berlangsungnya kegiatan tersebut, Komandan Yon POM 2 Mar Letkol Laut (PM) Andre T.Alexander menekankan kepada seluruh prajuritnya agar lebih serius dalam melaksanakan latihan dan sekaligus memerintahkan untuk senantiasa mengasah kemampuan dan jangan pernah bosan untuk terus berlatih.

“Latihan ini adalah salah satu kesejahteraan prajurit, maka gunakan kesempatan yang baik ini untuk berlatih dan berlatih. Dalam penanganan rustaper, kita sesuaikan dengan Hukum Internasional yang telah disepakati dalam Konvensi Jenewa agar di kemudian hari tidak ada tuntutan mengenai pelanggaran Hak Asasi Manusia,” terangnya.

Related posts