Pelatih Puslatpurmar 3 Grati Bekali Gerakan Pramuka Pelatihan Protokoler

(Pasuruan), PW: Gerakan Pramuka Untung Suropati Kwartir cabang Pasuruan menerima pelatihan dan praktek Protokoler dari Pelatih Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 3 Grati, bertempat di Balai Prajurit (Bapra) Kesatrian FF Tanjung Puslatpurmar 3 Grati Pasuruan, Sabtu (27/11/2021).

Demi suksesnya kegiatan yang akan berlangsung selama 2 hari yang dipimpin Perwira Seksi Operasi (Pasiops) PLP 3 Grati Mayor Marinir Eko Basuki tersebut, Komandan Puslatpurmar 3 Grati Letkol Marinir Kartika Wijaya Setyawan S.H., M.A.P., M.Han, menerjunkan Pelatih terbaiknya dipimpin oleh Kapten Marinir Saiful yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Satuan Demonstrasi Latihan (Dansatdemlat) PLP 3 Grati beserta pelatih Sertu Marinir Sutarjo, Sertu Marinir M. Ashad dan Serda Mar Eko Sujarwono.

Materi kepelatihan dan praktek Protokoler yang diberikan kepada 60 siswa -siswi anggota Gerakan Pramuka Untung Suropati Kwarcab Pasuruan dan Pramuka Saka Bahari Pangkalan Puslatpurmar 3 Grati ini, meliputi tentang pengertian dan sejarah protokol, landasan dan sumber hukum, ruang lingkup, tata tempat, tata upacara, tata penghormatan, tata busana beserta atributnya, tata mengatur surat undangan, dan syarat sebagai petugas protokol.

Sementara itu, dalam sambutannya Kapten Marinir Saiful menuturkan kegiatan ini sangat penting terutama karena para adik adik Pramuka yang akan mengadakan upacara atau kegiatan yang lainnya bisa mengetahui dan menerapkan ilmu yang sudah didapat untuk menjadikan referensi pada kegiatan tersebut.

Dengan diadakan Pelatihan Protokoler ini, diharapkan adik – adik Pramuka makin paham bagaimana menyiapkan tata mengatur upacara dan menata ruang utk kegiatan VVIP, cara memakai busana beserta atributnya yang baik serta memperlakukan tamu,”ungkapnya.

Related posts