Wujudkan Pemilu Berkualitas, KPU Pulpis Gelar Webinar PDPB.

PULANG PISAU, PW: KPU Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), menggelar webinar secara daring (via zoom) dalam rangka mensosialisasikan serta mengedukasi masyarakat terkait Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan atau PDPB.

Webinar sendiri diikuti para partisipan di wilayah Kabupaten berjuluk Bumi Handel Hapakat ini, Rabu (13/10/2021).

Kegiatan yang berlangsung di kantor KPU itu, mengambil tema “PDPB Sebagai Upaya Mewujudkan Pemilu Berkualitas”.

Ketua KPU Pulang Pisau, Yuliana melalui anggotanya di bidang Sosdiklih, Parmas dan SDM, Royan Hanapi mengatakan, webinar yang diselenggarakan pihak KPU Pulang Pisau ini tidak lain upaya mensosialisasikan dan edukasi kepada masyarakat terhadap PDPB, agar berperan serta untuk aktif melaporkan masukan dan tanggapan terhadap PDPB tersebut.

“Peserta webinar ini diikuti masyarakat umum yang sudah mendaftar untuk mengikuti meeting ID 265 171 6060 dengan passcode kpupulpis melalui link registrasi bit.ly/webinarkpupulpis.,” jelasnya ujar Royan Hanapi yang saat itu sebagai moderator pada webinar tersebut.

Dikatakan Royan sapaan akrabnya, PDPB ini sebagai bentuk strategi KPU Kabupaten Pulang Pisau dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang nantinya akan berkoordinasi dengan pihak Disdukcapil, Bawaslu, Tim Satgas Cobid-19, Dinkes, Polres, Kodim 1011/KLK.

“Dan sebagian kita juga nantinya berkoordinasi pengurus rukun kematian atau RKM. Kita juga membuka layanan Call Center DPB 0822 5002 8006,” ujarnya.

Untuk tujuannya sendiri, kata Royan, guna memperbaharui data pemilih agar mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada pemilu berikutnya.

“Jadi kesimpulannya PDPB ini dilakukan sebelum tahapan sebagai upaya KPU Kabupaten Pulang Pisau melayani pendaftaran pemilih lebih awal agar dapat mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan kehilangan hak pilih seseorang secara lebih cepat dan terukur sebelum pemungutan suara berlangsung sehingga dapat meminimalisir sengketa pada pemilihan,” bebernya.

Selain itu juga, tambahnya, untuk daftar pemilih yang akurat, komperhensif dan mutakhir merupakan prasyarat mutlak yang harus dipenuhi dalam melaksanakan demokrasi elektoral, yang tentunya keakuratan daftar pemilih ini akan meningkatkan kualitas proses demokrasi elektoral dengan membuka ruang seluas-luasnya kepada warga negara untuk menggunakan hak pilihnya.

“Atas partisipasi masyarakat dalam mengikuti webinar ini kami dari KPU PulPis tentu berterimakasih. Semoga kegiatan ini menjadi edukasi kepada para peserta menuju daftar pemilih yang akurat, akuntabel yang nantinya bermuara pada peningkatan pemilu dan pemilihan yang berkualitas,” pungkasnya.[RD]

Related posts