Lengkapi Syarat Usulan Kenaikan Pangkat, Prajurit Yonmarhanlan XII Laksanakan Urikes

Pontianak, PW: Dalam rangka persiapan serta kelengkapan syarat administrasi Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) periode 01 April 2022 segenap prajurit Jaguar Yudha Khatulistiwa Yonmarhanlan XII melakukan Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikes) di Diskes Lantamal XII, Jln. Komodor Yos Sudarso No. 1 Jeruju Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (16/09/2021).

Sejatinya pelaksanakan Urikes bukan saja untuk persyaratan UKP atau penugasan luar Negeri ataupun pengembangan pendidikan saja, namun lebih jauh dari itu, sebagai sarana kontrol untuk mengetahui kesehatan seluruh prajurit dalam melaksanakan tugas sehari-hari sebab dalam kegiatan tersebut akan dilaksanakan pemeriksaan diantaranya kesehatan mata, telinga, jantung dan darah serta yang lengkap dan kompleks meliputi pemeriksaan thorax photo dan elektrokardiografi.

Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) XII Mayor Marinir Anton Koerniawan, M.Tr.Opsla., mengatakan, “Pelaksanaan urikes dimaksudkan untuk melihat kesehatan tiap prajurit khususnya yang akan melaksanakan UKP atau persyaratan sekolah, apakah terindikasi gejala atau gangguan kesehatan, hal ini sebagai upaya deteksi dini dan antisipasi sehingga dapat diambil tindakan sejak dini dan tepat untuk pencegahannya,” kata Danyonmarhanlan XII Pontianak.

Ditambahkan, kesehatan dan keselamatan prajurit adalah hal yang paling utama guna menopang tercapainya keberhasilan tugas pokok satuan kedepannya.

Dengan tetap menjaga protokol kesehatan selama urikes, lima prajurit Yonmarharlan XII yang diusulkan untuk di naikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi antara lain, Serda Marinir Rifky Herlianto, Kopda Marinir Arifin,  Kopda Marinir Amir, Kopda Marinir Ary Sukmono dan Pratu Marinir Agus Sodik.

Related posts