Ini Yang Membuat HoM/FC UNIFIL Berkesan Berkunjung Ke KRI Sultan Iskandar Muda-367

Beirut, PW: KRI Sultan Iskandar Muda-367 kembali menuai pujian. Ini dikarenakan kapal perang dari Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II tersebut, memberi kesan luar biasa bagi Head of Mission/Force Commander (HoM/FC) UNIFIL Mayor Jenderal Stefano Del Col.
Begitu juga dengan pejabat UNIFIL lainnya yakni Maritime Task Force (MTF) Commander Rear Admiral Andreas Mugge,Chief of Staff Maritime Task Force (MTF) UNIFIL Kolonel Laut (P) Binsar Sitorus, S.E. ,dan Chairman of Advisory Committee on Administrative and Budgetary Questions (ACABQ) atau Ketua Delegasi ACABQ Mr. Abdallah Bachar Bong, saat melaksanakan kunjungan ke KRI SIM-367 di Beirut, pada Selasa (14/9).
Bagi Mayjen Stefano Del Col,  ini adalah kunjungan pertama kalinya di KRI SIM-367. Ia amat berkesan dan mengapresiasi tinggi atas sambutan, profesionalisme dan semangat dalam tugas yang telah ditunjukkan seluruh prajurit kepadanya dan seluruh tamu yang hadir.
Untuk menyambut para tamu,  Komandan KRI SIM-367 sekaligus Komandan Satgas MTF XXVIII-M/UNIFIL Letkol Laut (P) Abdul Haris, S.E., M.M.D.S. menyiapkan Tari Saman yang dibawakan oleh prajurit KRI SIM-367. Dengan protokol kesehatan yang ketat, kunjungan dilanjutkan dengan ship tour ke beberapa pos tempur KRI SIM-367.
Menurut Mayjen Stefano Del Col, KRI SIM-367 memiliki keunggulan dalam melaksanakan pelatihan Maritime Interdiction Operation (MIO) untuk Angkatan Laut Lebanon, dan peran aktif serta kehadiran mereka di laut menjadi pemandangan yang akrab dan menghibur bagi masyarakat Lebanon.
Sementara Maritime Task Force (MTF) Commander, Rear Admiral Andreas Mugge mengungkapkan hal senada. “Bravo Zulu kepada KRI SIM-367 telah menjadi tuan rumah acara yang baik dengan kehadiran HoM/FC UNIFIL bersama dengan anggota ACABQ dan Duta Besar di kapal Anda, GARUDA!,” ujarnya.
Menanggapi apresiasi dari dua pejabat utama UNIFIL tersebut, Abdul Haris selaku Dansatgas mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bentuk keberhasilan diplomasi militer TNI Angkatan Laut.
“Keberhasilan tersebut sejalan dengan kebijakan strategis Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., agar Satgas selalu menjalin hubungan baik dengan negara sahabat sebagai implementasi Peran Diplomasi TNI AL di mata dunia internasional, ” terang Abdul Haris.
Ia pun menambahkan jika hal ini juga selaras dengan imbauan Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P,M.Tr.(Han), jika unsur-unsur Koarmada II yang dipercaya mengemban misi internasional harus profesional dan mampu menampilkan yang terbaik di setiap penugasan.

Related posts