TNI AL Dengan Puskesmas Kabupaten Sorong Kembali Laksanakan Serbuan Vaksinasi Kepada Masyarakat Maritim

Terus berupaya mendukung pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, TNI AL berkomitmen untuk memerangi Covid-19 dengan mengerahkan tenaga kesehatan dan peralatan yang ada guna menyukseskan serbuan vaksinasi TNI AL kepada masyarakat maritim. Serbuan vaksinasi yang diprakarsai oleh Pasmar 3 bersinergi dengan Puskesmas Sorong dan Puskesmas Malawili kembali melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 di Alun-alun Kota Baru Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Sabtu (24/07/2021).

Serbuan vaksinasi ini bertujuan untuk menyediakan pelayanan vaksin bagi masyarakat maritim yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Sorong.

Kali ini sebanyak 300 dosis Vaksin Sinovac yang telah disediakan, sampai berita ini diturunkan sudah 265 dosis vaksin yang diberikan dan beberapa peserta dari masyarakat tidak memenuhi syarat untuk divaksinasi. Masyarakat yang hendak divaksin sebelumnya harus memenuhi beberapa persyaratan seperti, berumur minimal 18 tahun dan diwajibkan membawa identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Tidak hanya sampai disitu saja masyarakat yang ingin divaksin juga harus melewati protokol kesehatan seperti pengecekan suhu badan serta melaksanakan tensi.

Serbuan vaksinasi yang gencar dilaksanakan oleh TNI AL wilayah Sorong dalam hal ini Koarmada III, Lantamal XIV dan Pasmar 3 merupakan perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P, dan arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam rangka mendukung program nasional 1 juta orang tervaksin dalam sehari.

Sementara itu dihari yang sama, di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong juga dilaksanakan serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim yang diprakarsai oleh Koarmada III, Lantamal XIV dan Pasmar 3 serta ditinjau langsung oleh Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHMRP., M.Tr.Opsla., Danlantamal XIV Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., Danpasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi, Rektor Unimuda Sorong Dr. Rustamadji, M.Si dan pejabat lainnya.

Serbuan vaksinasi Covid-19 yang gencar dilaksanakan sejak tanggal 06 Juli 2021 oleh satuan TNI AL wilayah Sorong ini sudah mencapai angka di atas 6.000 orang yang sudah tervaksin dan untuk hasil vaksinasi yang digelar di Unimuda berjumlah 205 orang yang tervaksin.

“Target kita hari ini adalah 305 dosis vaksin, kita masih menunggu masyarakat lain yang belum melaksanakan vaksinasi tahap pertama dan kedua. Kita tunggu semuanya dan kita siap membantu serta melayani masyarakat yang akan melaksanakan vaksinasi guna untuk menyukseskan sehari 1 juta vaksinasi,” pungkas Pangkoarmada III.

Danpasmar 3 menambahkan bahwa kekebalan imunitas atau Herd Immunity akan dicapai apabila sudah ada 80% masyarakat yang divaksin. Pemerintah sedang mengupayakan itu dan kita sama-sama mendukung. Semoga segera tercapai, agar masyarakat bisa beraktifitas normal seperti sediakala.

Related posts