Masyarakat Kabupaten Lingga Serbu Posko Baksos Kes TNI AL di Dabo Singkep

Kepri, PW: Warga Kabupaten Lingga Dabo Singkep Kepulauan Riau, merasa sangat beruntung, dikarenakan di areal mereka menjadi lokasi kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan TNI AL dan Serbuan Vaksinasi Covid 19, yang belum lama ini dilaksanakan dipusatkan di Gedung Nasional Jl. Garuda, Dabo, Singkep Kabupaten Lingga, Kepri, yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 03 Juli 2021.

Dalam kegiatan tersebut, TNI AL melalui RSAL dr. Midiyato Suratani bekerja sama dengan KRI dr. Soeharso-990 dengan didukung oleh Pangkalan TNI AL Dabo Singkep (Lanal DBS) dan RSUD Dabo serta Pemda setempat, memberikan pelayanan kesehatan. Antara lain berupa Vaksinasi Covid 19 lebih dari 700 orang peserta, khitanan massal yang diikuti sebanyak 47 orang, operasi Lipom 5 orang, Aterom 2 orang, FAM 1 orang dan pasien katarak sebanyak 8 orang. Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pembagian sembako sebanyak 400 paket, bingkisan khitan sebanyak 47 paket, kacamata baca dan hand sanitizer serta masker sebanyak 100 paket.

Selain itu peserta yang hadir sambil menunggu hasil observasi vaksin mendapatkan penyuluhan kesehatan gigi oleh tim kesehatan gigi dari RSAL dr. Midiyato Suratani.

Kegiatan yang tergabung dalam rangkaian bhaksos kes dan serbuan vaksinasi tersebut, berlangsung selama sepekan. Diawali dengan upacara pelepasan Tim Baksos oleh Karumkital dr. Midiyato Suratani pada hari Jumat tanggal 25 Juni 2021 di Mako RSAL dr. Midiyato Suratani Jln. Ciptadi No. 01 Tanjungpinang Kepri. Kemudian embarkasi tim dengan menggunakan KRI SHS-990 melalui Pelabuhan Tanjung Uban pada tanggal 26 Juni 2021. Setelah tiba hari Selasa tanggal 29 Juni sampai dengan hari Jumat tanggal 02 Juli 2021 dilaksanakan persiapan tempat, screening, assesmen dan swab bagi pasien yang akan melaksanakan operasi dan khitanan massal. Dan pada hari Sabtu tanggal 03 Juli 2021 adalah titik puncak dilaksanakannya serangkaian kegiatan diantaranya, vaksinasi Covid 19, khitanan massal, penyuluhan kesehatan gigi, pembagian sembako dan bingkisan serta kacamata baca, hand sanitizer serta masker. Bertempat di Gedung Nasional Dabo Singkep. Sedangkan operasi bedah umum di RSUD Dabo dan operasi Katarak di KRI Soeharso-990 yang dapat disaksikan secara live melalui videotron dengan mendapatkan penjelasan dari Karumkital dr. Midiyato Suratani selaku penanggungjawab kegiatan Bhaksos Kes, dengan melibatkan dokter spesialis diantaranya Kolonel Laut (K) dr. Anang Mufti Sumarsono, M.Adm.Kes.Sp.B.Onk (K), Letkol Laut (K) drg. Slamet Sutomo, Sp.Ort, Mayor Laut (K) dr. Ronnie Juniardi, Sp.M (K), Kapten Laut (K) dr. Arif Wahyu Widayat, Sp.An, dlsb, dengan didukung 36 tenaga medis, dengan tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam konferensi pers, Danlanal DBS Letkol Laut (P) Didik menanggapi pertanyaan dari awak media menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk mendukung program nasional dari pemerintah dalam menekan penyebaran dan penularan Covid 19 yang saat ini masih mewabah. Sementara Karumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Tanto Budiharto, Sp.JP.,M.A.R.S dalam kesempatan tersebut, saat melaksanakan peninjauan pelaksanaan di lokasi pada acara puncak, bersama dengan unsur Muspida dan Muspika terkait, diantaranya Bupati Lingga, Danlanal DBS, Kapolres Lingga, Komandan PLP 9 Mar, Kajari Lingga, OPD Lingga, Direktur RSUD DBS, Danramil 04 Dabo, Babinsa Kel. Dabo, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat serta masyarakat setempat menyampaikan, ucapan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung kegiatan tersebut. Lebih lanjut, beliau mengatakan, terselenggaranya kegiatan tersebut sebagai bentuk upaya TNI AL dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, wujud kepedulian TNI Angkatan Laut dalam membantu pemerintah daerah guna mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi dibidang kesehatan yang dialami oleh masyarakat, seperti saat ini yang terjadi adalah Pandemi Wabah Covid 19.

Bupati Lingga, Bpk. M. Nizar, S.Sos sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Dan terlihat sangat antusiasmenya dari para peserta yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis tersebut. Selama kegiatan berlangsung, pelaksanaan berjalan lancar dan aman. Selesai kegiatan, masyarakat yang hadir lebih mengetahui dan peduli terhadap kesehatan pribadi dan lingkungan ( MJA/Onasis/Humas Pen RSAL dr. MDTS)

Related posts