Prajurit Pengawal Samudera Bertambah 846, Setelah Dankodiklatal Melantik Siswa Dikmaba TNI AL XL/2

Sidoarjo, PW: Prajurit Tentara Nasional Angkatan Laut (TNI AL) yang merupakan prajurit penjaga Samudera bertamabah 846 Personil, setelah Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat melantik dan mengambil sumpah dalam program Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan ke 40 gelombang 2  TA 2021 yang dilaksanakan di Lapangan Kawah Candradimuka Puslatdiksamil Juanda Sidoarjo, Selasa, (4/5/2021).

Ke 846 Siswa Dikmaba tersebut terdiri 724 orang pria dan 122 orang Siswa Dikmabawan, untuk selanjutnya setelah pengambilan sumpah dan pelantikan para Bintara baru tersebut akan melanjutkan pendidikan Dasar Golongan dan Kejuruan di tiga Komando Pendidikan (Kodik)di bawah Kodiklatal yakni Kodikopsla, Kodikdukum dan Kodikmar.

Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) yang berlokasi di Ujung, Surabaya akan dididik 293 Bintara unuk menjadi pelaut yang handal. Di Kodikopsla ini akan mendidik Korps Navigasi, Bahari, korps Komunikasi korps Artileri dan Korps Senjata Bawah Air, yang akan menempuh pendidikan di Pusdikpel. Sedangkan korps Listrik Pesawat Udara (LPU) dan Mesin Pesawat Udara (MPU) akan dididik di Senerbal Pusdiksus.

Kodik lainya adalah Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) yang berlokasi di Bumimoro mendidik siswa paling banyak yakni 403 orang siswa.  Ke-403 orang ini akan mengikuti pendidikan di beberapa Pusdik dibawah Kodikdukum antara lain Pusdiktek 94 orang  mendidik Korps Mesin, Listrik, Pusdikbanmin 128 orang mendidik korps Suplay , Jasmani dan Kejuruan Musik, Pusdiklek mendidik 124 orang korps kejuruan Ede, Ekl, Esa, Etk dan PDK. Pudik Pomal mendidik 27 orang korps Polisisi Militer dan Pusdikkes dengan kejuruan 30 orang kejuruan Para medis .

Penutupan Pendidikan ini merupakan salah satu implementasi Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M yaitu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI Angkatan Laut yang unggul, profesional dan tangguh dalam rangka menghadapi segala ancaman.

Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan para siswa dalam menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan dan dasar golongan di Puslatdiksarmil selama 5 bulan, sehingga berhak mengikuti pelantikan sekaligus penyumpahan bintara TNI AL dengan  pangkat sersan dua.

Dankodiklatal berharap pendidikan di Puslatdiksarmil dapat berhasil mengubah pola pikir, pola sikap dan pola tindak serta siap dikembangkan dalam pendidikan tahap dasar golongan lanjutan di pusdik-pusdik sesuai kejuruan masing-masing

Sedangkan kepada para siswa Dankodiklatal berharap agar mempertahankan kondisi fisik dan mental yang sudah baik. Selain itu agar memulai belajar untuk berpikir dan bertindak cerdas, karena status para siswa nantinya sebagai bintara tulang punggung kesatuan

Disisi lain disampaikan bahwa perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis, tidak hanya membutuhkan alutsista yang modern, namun sumber daya manusia TNI AL sebagai pengawak organisasi harus unggul, maju dan profesional dalam pelaksanaan tugas

Related posts