Operasi Peningkatan Disiplin Protokol Kesehatan

Tapin-PW: Meski sudah memasuki bulan puasa, petugas tetap melakukan operasi protokol kesehatan (Opeka) untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Tapin. Operasi ini merujuk pada Peraturan Bupati (Perbub) No. 40 Tahun 2020. Opeka ini digelar pada hari Senin (19/04/2021) pagi waktu setempat yang berlokasi di Desa Miawa.

Menurut salah satu petugas Sertu Fauzi, operasi ini dilakukan untuk mengingatkan dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penggunaan masker dan pentingnya jaga jarak.

”Hasil sementara ini menunjukkan bahwa hampir semua warga Tapin patuh menggunakan masker. Meskipun terkadang mereka masih melepasnya, sehingga kami hanya ingatkan. Tapi secara keseluruhan mereka sudah patuh menggunakan masker,” jelas Fauzi.

Fauzi mengatakan, Opeka merupakan kegiatan lintas sektor. Sebab, tidak hanya pemkot yang bergerak. Namun juga dibantu pihak TNI dan Polisi, serta didukung petugas dari kecamatan dan kelurahan.

”Jadi, ini operasi serentak. Pihak kecamatan dan kelurahan menggelar operasi di wilayah mereka masing-masing,” ujar Fauzi.

Dia menambahkan warga yang masih kedapatan melanggar aturan Prokes, seperti tidak menggunakan masker, harus bersiap menerima sanksi fisik dan hukuman sosial.(Mk-95.

Related posts