LANTAMAL XIV, GELAR APEL KESIAPSIAGAAN PENANGULANGAN BENCANA ALAM

Kota Sorong PW- Bertempat di Lapangan upacara Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XIV Sorong, Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong Papua Barat, Komandan Lantamal XIV Brigjen TNI Mar Markos, S.E., menggelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam di wilayah kerja Lantamal XIV. Kamis (15/04)

Apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh personel dan kelengkapan sarana prasarana pendukungnya, yang turut berperan aktif dalam rangka kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana alam diwilayah Sorong,Papua Barat.

Dalam sambutannya, Danlantamal XIV mengatakan “Perlu kita sadari bersama dan kita ketahui, bahwa di wilayah Indonesia bagaimana kita saksikan di televisi, di berita-berita belakangan ini banyak sekali terjadi bencana alam, bagaimana dikatakan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bahwa bencana itu pasti, kalau perang itu masih mungkin, untuk itu hal ini perlu kita cermati dan kita antisipasi dengan salah satu kegiatan apel kesiapsiagaan untuk mengecek seberapa siapnya kita dalam rangka mengantisipasi apabila ada bencana.

Sebagaimana kita ketahui berdasarkan citra satelit Himawari-8, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia telah berhasil mendeteksi adanya Bibit Siklon Tropis 94W, sedang terjadi yang akan melewati wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua yang kemungkinan akan melewati wilayah tersebut dalam waktu beberapa hari ke depan. Selain itu juga gelombang air laut, sebagaimana kita ketahui sudah banyak yang memberitakan prediksi angin kencang, kemudian mengakibatkan gelombang tinggi yang dapat berdampak berakibat tentang keselamatan di laut.

Kesiapan adalah mutlak untuk itu mulai dari sekarang kita canangkan, kita samakan kesiapan diri kita masing-masing, kita ini bukan manusia super, Kita juga bisa terkena dampak bencana alam, untuk itu saya mengingatkan kita semua bahwa kita harus menyiapkan diri menjaga hal-hal yang mungkin tidak kita harapkan, hal-hal yang mendadak atau tiba-tiba bisa terjadi kapan pun dan di mana pun. Untuk itu kita sebagai aparat disamping kita harus mampu menjaga mengamankan diri kita sendiri, kita juga dituntut untuk mampu memberikan bantuan kepada masyarakat pada pemerintah daerah dan kepada instansi lain yang memerlukan. Ujar Danlantamal XIV.

Di Akhir amanat Danlantamal XIV menyampaikan “Untuk itu Pada kesempatan ini di awal puasa kita sampaikan niat yang tulus dan kita berdoa agar selalu diberikan Kesehatan, keselamatan, termasuk agar bangsa dan negara juga diberikan dan keamanan.

Related posts