Babinsa Koramil 1502-08/Kairatu Bantu Petani Membuat Pupuk Kompos

SBB PW. Pupuk merupakan salah satu komponen terpenting dalam bidang pertanian, Hal tersebut merupakan fungsi sebagai pemenuhan kebutuhan akan zat hara yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Pupuk sangatlah memegang peranan penting.

Hal tersebut disampaikan Serda Heri Fariyadi Babinsa Koramil 08/Kairatu Kodim 1502/Masohi kepada Ibu-ibu PKK Poktan Sumber Makmur di Desa Telaga Ratu, Kec Kairatu, Kab Seram Bagian Barat, Kamis (15/04/21).

Serda Heri Fariyadi saat membantu dalam pembuatan pupuk organik di rumah Pak Siswono dengan tujuan kegiatan Babinsa tersebut dalam rangka mensukseskan program kemandirian pangan dan ketahanan pangan pemerintah di tengah Pandemi.

Proses pembuatan pupuk organik tersebut dengan menggunakan tanah bekas kotoran sapi dicampur dengan sekam padi dicampur dengan EM4 (mikroorganisme dekomposer). Pembuatan Pupuk Organik dengan bantuan bakteri EM4 ini dibuat melalui proses fermentasi menggunakan bakteri (microorganisme).

Sampah organik dengan proses EM dapat menjadi pupuk organik yang bermanfaat meningkatkan kualitas tanah. Dengan membuat pupuk alami sendiri, petani bisa menekan biaya dalam usaha pertanian. “Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan serta manfaat pupuk organik juga tidak kalah dibanding dengan pupuk kimia,” kata Serda Heri Fariyadi.!/red

Related posts