Samapta Rutin Prajurit Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 2 Marinir Pasmar 2

(Surabaya), PW: Dalam rangka uji kemampuan samapta Garjas dan meningkatkan fisik, prajurit Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 2 Marinir (Yonranratfib 2 Mar) melaksanakan samapta secara periodik di lapangan Kesatrian Marinir Soepraptono, Ujung Semarung, Surabaya. Rabu (03/03/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan kali ini diikuti oleh seluruh prajurit kompi-kompi dan staf, diawali dengan pengecekan kesehatan oleh Tim Kesehatan BP. Trian Marinir Soepraptono dilanjutkan senam pemanasan yang dipimpin oleh Serda Mar Sutikno dengan tujuan memberikan pelemasan otot-otot kepada para peserta samapta agar tidak terjadi cidera saat pelaksanaan.

Usai pemanasan, Lettu Mar Slamet Sugeng Widodo selaku Ketua Tim Pelaksanaan Garjas memberikan pengarahan kepada peserta samapta, agar pelaksanaan samapta kali ini dilakukan dengan serius, semangat, ikuti ketentuan yang berlaku dan lebih memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan guna mencegah terjadinya cidera akibat pelaksanaan samapta, juga tidak lupa tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Lebih lanjut, Ketua Tim Garjas menyampaikan agar kegiatan samapta yang meliputi beberapa materi antara lain tes kesegaran A lari 12 menit dan kesegaran B yaitu Pull Up, Sit Up, Push Up dan Shuttle Run ini para peserta melaksanakannya dengan penuh semangat agar mencapai nilai yang maksimal sesuai dengan standar nilai garjas dengan mengacu pada kekuatan fisik periode usia prajurit.

Pada kesempatan tersebut Komandan Yonranratfib 2 Mar Mayor Marinir Kuswandi, S.H., M.Tr.Opsla, meninjau langsung pelaksanaan dan menyampaikan samapta tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengukur stamina, ketahanan fisik para prajurit. “Selain sebagai sarana mengetahui kemampuan jasmani, juga sekaligus untuk menjaga kondisi tubuh para prajurit agar tetap sehat, baik jasmani maupun rohani, dengan tetap mematuhi protokol Covid-19.” Tuturnya.

Related posts