Lattek Navigasi 3 Taruna AAL Masuki Praktek di KAL Kadet

Surabaya, PW: Dari 10 hari latihan yang diagendakan, Latihan Praktek (Lattek) Navigasi 3 bagi 38 Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Korps Pelaut Angkatan ke-67 ini, memasuki tahap praktek di Kapal Angkatan Laut (KAL) Kadet Vlll-07 yang berada di Dermaga Koaramda ll, Ujung Surabaya, Selasa (23/3).

Kepala Departemen Pelaut (Kadeppel) AAL, Letkol Laut (P) Dodi Hermanto, M.Tr (Hanla), mengatakan bahwa tahap latihan Navigasi 3 ini selain dilakukan di kelas Gedung Bawean dan Bridge Simulator, juga dilakukan langsung di KAL Kadet Vlll-07. Latihan kali ini dimulai pukul 07.00 s.d 11.00 WIB dengan materi Pengenalan Takal dasar dipandu personel KAL Kadet Vlll-07.

Kemudian dianjutkan dengan pemaparan dan praktek materi Lego Jangkar, dan diakhiri dengan praktek navigasi di Anjungan KAL Kadet Vlll-07 dipandu perwira KAL. Pada kesempatan tersebut Lettu Laut (P) Yanna Alen yang ditunjuk sebagai perwira pendamping memberikan beberapa tugas yang harus diselesaikan para taruna.

Menurut Kadeppel AAL, tujuan dari Lattek Navigasi 3 ini adalah agar para Taruna Tingkat III Korps Pelaut memiliki keterampilan tentang pelaksanaan prosedur navigasi pemanduan dan lego jangkar serta penggunaan takal dasar dalam merencanakan dan melaksanakan lego jangkar di alur sempit secara tepat.

Ilmu Pengetahuan dan keterampilan ini lanjut Dodi, sangatlah penting bagi seorang perwira korps Pelaut, untuk itu para taruna diharapkan dapat mengaplikasikan dengan baik dan benar sesuai prosedur yang berlaku, sebagai bekal dalam kedinasan untuk melaksanaan tugas sebagai Perwira jaga laut di KRI.

Kadeppel AAL juga meneruskan kembali penekanan dari Gubernur AAL, Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) agar alokasi waktu 10 hari Latihan Praktek ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, gunakan waktu secara efektif dan efisien demi tercapainya peningkatan kualitas dan ketrampilan dasar Taruna tingkat III.

“Perhatikan faktor keamanan sesuai dengan Standart Operating Procedure untuk menghindari kerugian personel dan materil. Tetap patuhi protokol kesehatan dan laksakan 5M untuk memutus penyebaran covid-19,” pungkasnya.

Related posts