Kota Sorong Mulai Lakukan Vaksinasi Tahap II

Kota Sorong (3/3) PW: Setelah melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap I yang berakhir pada tanggal 21 Februari 2021, Pemerintah Kota Sorong kembali melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap II. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap II ini berlangsung di Aula Gedung Samu Siret Kantor Wali Kota Sorong. Hal ini dilakukan setelah Gubernur Provinsi Papua Barat Drs Dominggus Mandacan secara resmi mencanangkan vaksinasi Covid-19 se Papua Barat.

Sebenarnya ada beberapa lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Sorong. Dimana pada vaksinasi Covid-19 tahap II ini, lebih di prioritaskan untuk para pelayan publik, seperti: Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI-Polri, Guru serta insan Pers. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong Hermanus Kalasuat, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap II akan berlangsung sejak hari ini tanggal 3 Maret sampai pada bulan Mei 2021.

Kadis Kesehatan Kota Sorong, Hermanus Kalasuat

Namun, Hermanus Kalasuat menyampaikan bahwa untuk termin pertama akan mulai dilaksanakan dari hari ini tanggal 3 – 10 maret. Hermanus Kalasuat menargetkan vaksinasi hari ini sampai 500 orang. Walaupun pihaknya menyiapkan 200 dosis. “Untuk Kota Sorong mendapatkan jatah 320 vial,1 vial berisi 10 dosis. Jadi 320 vial dikalikan 10 dosis berjumlah 3.200 dosis Vaksin Covid-19 Sinovac. Vaksinasi termin pertama sebanyak 1.600 dosis dan 1.600 dosis lainnya akan dilaksanakan pada termin kedua”, terang Hermanus Kalasuat.

Hermanus Kalasuat juga menyampaikan akan tetap menjadwalkan vaksinasi untuk para lansia, namun pihaknya masih menunggu petunjuk dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat. Karena untuk vaksin masih dibantu dari Provinsi. Sedangkan untuk guru, Hermanus Kalasuat mengatakan jika tetap diprioritaskan mendapatkan vaksin Covid-19. “Guru diprioritaskan, tapi akan disesuaikan. Karena kuota kita juga terbatas di pendropingan vaksin”, ujar Hermanus Kalasuat.

Kapolres Sorong Kota dan Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Sorong Saat di Vaksinasi

Sementara itu, Wali Kota Sorong Drs Ec Lambertus Jitmau MM yang meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap II di Aula Gedung Samu Siret mengatakan bahwa sehat itu mahal. “Sehat itu mahal. Jika mau sehat, maka ikutilah vaksinasi Covid-19. Karena vaksinasi sudah dilaksanakan secara nasional bahkan seluruh dunia. Vaksin menyangkut kepentingan pribadi, kita harus menyadari masalah kesehatan itu menyangkut masalah pribadi. Sehingga dirinya tidak dapat memaksakan seseorang untuk di vaksin”, ungkap Lambertus Jitmau.

Jadi dikatakan orang nomor satu di Kota Sorong dan yang baru saja terpilih menjadi Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Papua Barat ini, bahwa untuk masalah vaksinasi, dirinya mengembalikan kepada masyarakat. “Saya tidak bisa paksakan. Kita harus merenungkan apa manfaat untuk setiap warga. Kesadaran dikembalikan pada diri masing-masing, karena sehat itu mahal. Jika pribadi ingin sehat dan hidup, maka haruslah mau di vaksin. Memang semua takut mati. Tapi pada akhirnya semua akan mati”, ujar Wali Kota Sorong ini.

/Jacob Sumampouw

Related posts