Kodam Pattimura Terima Sosialisasi Pembentukan Komcad oleh Ditjen Kemhan RI

Ambon, PW: Pemerintah melalui Kementerian Pertahanan (Kemhan) Republik Indonesia mulai menggelar sosialisasi program komponen cadangan atau komcad Matra Darat guna memperkuat kekuatan TNI dalam menjaga pertahanan negara.

Di Kodam XVI/Pattimura, kegiatan ini digelar di Lapangan Tenis Indoor Tapal Kuda yang dibuka langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, Rabu (17/03/2021) pagi. Kegiatan ini juga diadakan secara virtual serentak di daerah-daerah Provinsi Maluku dan Maluku Utara. Turut hadir Pejabat pemerintah daerah, kepolisian, tokoh masyarakat, BUMN, BUMS dan dunia usaha.

Pangdam dalam sambutannya mengatakan, pembentukan Komponen Cadangan merupakan agenda pemerintah yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan Pertahanan negara sesuai Program Kementerian Pertahanan RI dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang (PSDN) Pengelolaan Sumber Daya Nasional.

Program ini terbuka bagi Warga Negara Indonesia berusia 18-35 tahun yang ingin secara sukarela menjadi tentara cadangan. Keberadaan komcad tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 sebagai peraturan pelaksanaannya.

Dirjen Potensi Pertahanan Kemhan RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha dalam amanatnya yang dibacakan oleh Direktorat Sumber Daya Pertahanan Ditjen Pothan Brigjen TNI Fahrid Amran, S.H mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pangdam XVI/Pattimura beserta jajaran atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Lebih lanjut dikatakan pembentukan komcad tidak terlepas dari rancang bangun para pendiri bangsa, yaitu sistem pertahanan semesta yang tertuang dalam UUD 1945. Pasal 27 ayat (3) mengamanatkan bahwa “setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.” Dan Pasal 30 ayat (1) menegaskan bahwa “tiap-tiap warga ngara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.”

“Kemhan terus berupaya mengelola sumber potensi ketahanan guna kepentingan negara, salah satunya dengan membentuk komcad yang mengikut sertakan seluruh rakyat secara terarah, terukur, tanpa paksaan demi menciptakan pertahanan semesta”, terangnya.

Pangdam XVI/Pattimura dalam wawancara persnya mengatakan, Kodam XVI/Pattimura siap mendukung program Kemhan ini dengan siap menampung estimasi 500-900 orang. Rindam XVI/Pattimura sudah menyiapkan tempat di Dodik Bela Negara yang bisa menampung hingga 500 orang dan 4 batalyon yang ada bisa menampung 100 orang.

Sementara itu, Sekda Maluku Kasrul Selang mengatakan tidak ada alasan untuk tidak mendukung program ini. Pemerintah Daerah siap mendukung ketahanan pangan dan energi guna merealisasikan program tersebut. Karena pada dasarnya Indonesia khususnya Maluku adalah milik kita bersama.

Dalam acara ini, Direktorat Sumber Daya Pertahanan Ditjen Pothan Brigjen TNI Fahrid Amran, S.H berkesempatan memberikan cinderamata kepada Pangdam XVI/Pattimura, Wakapolda Maluku dan Sekda Maluku.

Related posts