Hadir Di Lantamal XIII, Komandan KRI Dewa Ruci Ikuti Dialog Editorial Pagi Bersama Tarakan TV

TARAKAN – PW: Hadir di Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII), Komandan KRI Dewa Ruci Letkol Laut (P) Hastaria Dwi Prakoso, S.E. mengikuti acara Dialog Editorial Pagi bersama Media Tarakan TV yang berlangsung di Dermaga Lantamal XIII, Jl. Sei Ngingitan, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (24/03/21).

Dalam kesempatan tersebut, Komandan KRI Dewa Ruci berkesempatan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh Presenter Tarakan TV Rio Bayu sekaligus sedikit mengupas tentang historis KRI Dewa Ruci. Dalam keterangannya, beliau menyampaikan bahwa misi pelayaran KRI Dewa Ruci yaitu sebagai kapal latih bagi Taruna dan Taruni AAL, sebagai Duta Pariwisata dan Kebudayaan Indonesia serta bertugas sebagai pengemban diplomasi luar negeri khususnya Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut negara lain.

“Perlu saya sampaikan bahwa, di usianya yang sekarang ini menginjak 68 tahun, KRI Dewa Ruci pernah mempunyai pengalaman mengelilingi dunia satu putaran penuh dalam rangka mengunjungi negara-negara di seluruh dunia, tentunya sesuai misi yang saya sampaikan tadi. Dan kehadirannyapun selalu dinantikan masyarakat di seluruh dunia saat mengikuti berbagai ajang festifal di manca negara, karena KRI Dewa Ruci dan Tarunanya mempuyai banyak kelebihan dan keunikan, salah satunya bahwa kita mempuyai beragam seni budaya. Adapun kegiatan lain yang dilaksanakan saat berada di luar negeri diantaranya melaksanakan Courtesy Call atau Kunjungan Kehormatan kepada para pejabat, baik militer maupun sipil sebagai bekal tugas para Taruna sebelum melaksanakan dinas yang sebenarnya”, terang Komandan KRI Dewa Ruci.

“Adapun tujuan pelayaran kali ini, yaitu mengenalkan kepada para Taruna bahwa Indonesia itu luas, di daerah perbatasan juga ada Pangkalan TNI AL yang cukup besar, sehingga mereka tahu tentang gambaran awal sebelum berdinas. Kami, khususnya TNI AL juga berharap, kehadirannya di Kota Tarakan ini dapat menumbuhkan minat bagi generasi muda Tarakan untuk bergabung menjadi prajurit TNI AL, agar kalian bisa mengenal dunia. Jika tidak percaya, bergabunglah bersama kami”, imbuhnya.

Related posts