Aspotmar Danlantamal X Hadiri Pelantikan 4 Bupati Dan Wakil Bupati Terpilih Pilkada Papua

Jayapura, PW: Aspotmar Danlantamal X Letkol Laut (KH) Djoko Imam Pambudi menghadiri pelantikan Kepala Daerah yang terpilih pada Pilkada serentak di Papua yang diselenggarakan pada bulan Desember 2020 lalu. Rabu (03/03/21).

Pelantikan empat Bupati dan Wakil Bupati ini dipimpin langsung oleh Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe, S.IP., M.H., di Aula Lukmen Hall Gedung Negara Dok V, Jln. Trikora, Kelurahan Trikora, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.

Atas nama Menteri Dalam Negeri, Gubernur Papua melantik Bupati dan Wakil Bupati Merauke Romanus Mbaraka-H.Riduwan, Bupati dan Wakil Bupati Keerom Piter Gusbager-Wafhir Kosasi, Bupati dan Wakil Bupati Asmat Elisa Kambu-Thomas Eppe Safanpo serta Bupati dan Wakil Bupati Pegunungan Bintang Spey Yan Birdana- Piter Kalakmabin.

Gubernur Papua Lukas Enembe dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal mengatakan bahwa pihaknya berharap para bupati dan wakil bupati yang sudah dilantik dapat membangun daerahnya menjadi lebih baik.

Menurutnya Bupati merupakan pimpinan tertinggi di daerah masing-masing yang merupakan perwakilan dari Pemerintah Provinsi Papua. Daerah-daerah di Provinsi Papua harus semakin maju dan bisa mensejahterakan masyarakat nya sehingga dapat hidup dalam keadaan damai.

“Kami mewakili pemerintah pusat dan Otsus. Tapi Bupati dan Wakil Bupati itu adalah penguasa tunggal di daerah masing masing. Bupati Merauke, Asmat, Keerom, Pegunungan Bintang bapak bapak menjadi lilin di tempat-tempat itu. Harus menjadi lilin yang bersinar yang bisa menerangi sampai ke sudut sudut daerah,” ungkap Klemen

Sementara itu, pelantikan 7 bupati dan wakil bupati lainnya masih menunggu proses SK di Kemendagri dan putusan sidang di Mahkamah Konsitusi (MK), yakni Waropen, Supiori, Yalimo, Boven Digoel, Mamberamo Raya, Nabire, dan Yahukimo.

Related posts