PWI Sorong Raya Rayakan HPN 2021, “Sederhana” di Tengah Pandemi Covid-19

Kota Sorong (9/2) PW: Hari ini segenap insan Pers berada dalam suasana penuh dengan sukacita. Dimana hari ini tepat 9 Februari 2021, segenap insan Pers merayakan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021. Hari Pers Nasional ini telah diakui sejak tahun 1985. Dimana dalam keputusan Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985 telah menetapkan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional.

Seperti halnya di daerah lain di Indonesia, HPN juga dirayakan sederhana dalam wilayah Sorong Raya yang terpusat di Kota Sorong Provinsi Papua Barat. Gelaran HPN 2021 yang penuh kesederhanaan ini identik dengan tema HPN 2021 yaitu “Bangkit Dari Pandemi, Pers sebagai Akselerator Perubahan dan Pemulihan Ekonomi”.

Pers Dituntut Memberikan Informasi Yang Baik
Perayaan HPN 2021 yang dilaksanakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sorong Raya ini berlangsung di Taman Sorong City Kota Sorong dan dihadiri oleh Wali Kota Sorong Drs Ec Lambertus Jitmau MM bersama unsur Forkopimda serta Bupati Kabupaten Sorong Dr. Johny Kamuru,
SH M.Si yang diwakili Kepala Kesbangpol Kabupaten Sorong.

Wali Kota Sorong diawal sambutannya menyampaikan selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan Pers yang ada di Indonesia dan secara khusus di wilayah Sorong Raya. Dikatakan Wali Kota bahwa dengan semakin bertambahnya usia, insan Pers dituntut untuk memberikan informasi yang baik kepada masyarakat.

Peran Pers Membantu Pemerintah
“Keberadaan Pers juga sangat membantu pemerintah daerah, baik itu Informasi positif maupun negatif. Karena informasi negatif juga merupakan bentuk dukungan Pers. Hal ini untuk mengingatkan, dimana kekurangan saya. Oleh sebab itu insan Pers bersama Forkopimda, mari bergandengan tangan demi masyarakat yang ada di Kota Sorong ini”, ujar orang nomor satu di Kota Sorong tersebut.

Wali Kota Sorong ini menuturkan jika dirinya sangat dekat dengan para wartawan. “Dalam setiap hajatan saya pasti hadir bersama para wartawan, hal ini untuk menyamakan persepsi agar dapat timbul Informasi maupun inovasi baru untuk disampaikan kepada masyarakat. Mari semua pihak, kita dukung Pers. Bangun mitra, satukan hati, tanggalkan perbedaan persepsi dan bersama membangun Nusantara”, kata Wali Kota.

Sayid Boften selaku Ketua Panitia HPN 2021 menyampaikan jika perayaan yang dilakukan secara sederhana tersebut merupakan bentuk keprihatinan insan Pers akibat adanya pandemi Covid-19. “Oleh sebab itu HPN yang dirayakan hari ini berlangsung di tempat terbuka dan tetap menerapkan protokol kesehatan”, jelasnya. Sayid berharap melalui HPN 2021, Pers akan lebih independen, profesional serta menyajikan informasi berimbang.

Sembako Untuk 4 Panti Asuhan dan 2.500 Masker Dibagikan
Ketua PWI Sorong Raya Ferdinand Lexi Sitanala juga menyampaikan jika di masa pandemi Covid-19, HPN 2021 dirayakan sederhana. Dan disampaikan Lexi, jika dalam rangkaian HPN tersebut, PWI Sorong Raya juga melaksanakan pembagian 2.500 masker kepada masyarakat yang ada di Kota dan Kabupaten Sorong.

“Kami juga membagikan sembako kepada 4 (empat) panti asuhan yaitu panti asuhan Pelangi dan panti asuhan Al-Amin Muhammadiyah di Kota Sorong serta panti asuhan Sinar Kasih dan panti asuhan Putra Putri Papua Muslim di Kabupaten Sorong. Selain itu, sebelumnya kami juga telah melakukan bersih-bersih di sekitar Taman Sorong City”, jelas Lexi.

/Jacob Sumampouw

Related posts