Peringati Hari Dharma Samudera, Yonmarhanlan II Ikuti Tabur Bunga di Perairan Teluk Bayur

Padang, PW: Dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2021, Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) ll Padang mengikuti tabur bunga yang dipimpin oleh Danlantamal Il Laksamana Pertama TNI Hargianto, S.E., M.M., M.Si (Han)., bertempat di Geladak KRI Kala Hitam Perairan Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat , Jum’at (15/01/2021).

Acara diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara dilanjutkan pembacaan sejarah singkat peristiwa pertempuran laut, penghormatan kepada arwah pahlawan, dilanjutkan dengan pelarungan bunga di perairan Teluk Bayur Padang menggunakan KRI Kala Hitam 828.

Hari Dharma Samudera yang diperingati setiap tanggal 15 Januari ditujukan untuk memperingati semangat para pahlawan yang gugur di pertempuran laut Aru. Sejarah mencatat, pertempuran Laut Aru antara Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) melawan Belanda terjadi di perairan Maluku pada 15 Januari 1962. Dalam peristiwa yang kini diperingati sebagai Hari Dharma Samudera tersebut, Yos Sudarso gugur sebagai pahlawan bangsa.

Related posts