Dandim 1802/Sorong Hadiri Kegiatan Pengukuhan Pengurus Ikaswara Kabupaten Sorong Periode Tahun 2020-2025

Sorong PW: Komandan Kodim 1802/Sorong Letkol Inf Budiman, SE, M.I.Pol, MM menghadiri kegiatan Pengukuhan pengurus Ikaswara Kabupaten Sorong Periode Tahun 2020-2025 sekaligus melaksanakan rapat kerja yang pertama,acara tersebut di laksanakan di Gedung Ikawangi Jalan Poros, Kelurahan Makbalim, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong. Sabtu(30/01/2021).

Kegiatan pengukuhan pengurus Ikaswara Kabupaten Sorong Periode Tahun 2020-2025 sekaligus melaksanakan Rapat kerja yang pertama dengan tema “Dengan Pengukuhan Pengurus dan raker pertama ,mari kita jadikan Ikaswara sebagai rumah besar untuk merajut kebersamaan dan membangun ekonomi kerakyatan demi Kemajuan Kabupaten Sorong”.Kegiatan tersebut di pimpin oleh Bupati Kabupaten Sorong DR. Jhony Kamuru, SH. M.Si dan diikuti ± 80 orang.

Mengawali kegiatan sambutan oleh Bupati Kabupaten Sorong DR. Jhony Kamuru, SH. M.Si,beliau menyampaikan Latar belakang ikaswara didirikan adalah setelah datangnya masyarakat Jawa di Kabupaten Sorong semakin banyak maka banyak yang tidak saling mengenal,maka ada inisiatif untuk dibentuknya Ikaswara agar saling mengenal.

IKASWARA Didirikan pada 11 Juli 1999. Pada saat itu tanah Papua kurang kondusif Maka sesepuh kita berpikir agar kita lebih mengenal dan satu suara.

Ikatan Keluarga Jawa, Sunda, Madura (IKASWARA) Kabupaten Sorong merupakan sebuah organisasi yang dibentuk dalam rangka meningkatkan persaudaraan antar masyarakat Jawa di Kabupaten Sorong dan juga mengembangkan perekonomian masyarakat Jawa, Sunda, dan Madura di Kabupaten Sorong

Ikatan ini berasaskan kekeluargaan yang dijiwai falsafah Pancasila dan UUD 45 Ikatan ini mempunyai cita-cita luhur yang tersirat dalam visi misi yaitu menjunjung tinggi moral agama, kemanusiaan dan kekeluargaan Ikatan ini juga menjunjung tinggi nilai kebhinekaan dan bermasyarakat dalam NKRI.

Kami berfokus pada bidang ekonomi dan sarana prasarana Kita telah memiliki koperasi Swara Jaya yang berbadan hukum namun belum bisa jalan sesuai yang diharapkan Jadi kami mohon dukungannya dari bapak-bapak anggota kehormatan karena kami akan mengembangkan koperasi ini dengan bantuan orang-orang yang berpengalaman.

Kedepannya IKASWARA Kabupaten Sorong berencana untuk fokus pada bidang ekonomi melalui pengembangan Koperasi dan sarana prasarana sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa, Sunda dan Madura di Kab Sorong

Kegiatan tersebut di akhiri dengan penyerahan bantuan tumbler oleh Bupati Sorong kepada IKASWARA Kabupaten Sorong dan penyerahan kain timur kepada Ketua Dewan Pertimbangan IKASWARA Kabupaten Sorong.

Related posts