Dankormar Tinjau Latihan Denjaka Di Cirebon

(Cirebon), PW: Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI Mar Suhartono, M.Tr(Han), meninjau secara langsung Latihan Tri Wulan (TW) IV Pasukan Khusus TNI AL Detasemen Jalamangkara (Denjaka) di objek vital Pelabuhan Cirebon Jawa Barat, Sabtu (19/12/2020).

Dalam kunjungannya tersebut Komandan Korps Marinir didampingi para Pejabat Utama Mako Kormar disambut langsung oleh Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E selaku Komandan Detasemen Jalamangkara (Dandenjaka).

Dalam latihan tersebut disekernariokan bahwa ada sekelompok teroris telah menyandera Kapten beserta anak buah Kapal LPG yang sedang berlabuh dan Kepala Gudang Batubara yang berada di Dermaga Pelabuhan Cirebon.

Materi Latihan kali ini sesuai dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono,S.E.,M.M. “Bangun sumber daya yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman.” meliputi Infiltrasi bawah permukaan dengan tehnik selam tempur, Infiltrasi atas permukaan dengan Sea Rider, Infiltrasi udara dengan tehnik Free Fall dan Fast Rope, Ship Boarding, Sniper, Serbuan Gedung dan Serbuan Kapal.

Usai meninjau Latihan Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr.(Han) di hadapan awak media mengatakan bahwa tujuan dari latihan ini adalah untuk menguji kesiapsiagaan Pasukan Denjaka untuk melaksanakan operasi penanggulangan terorisme dalam rangka menghadapi kemungkinan ancaman terorisme yang diperkirakan kemungkinan akan terjadi.

Lebih lanjut orang nomor satu di Korps Marinir tersebut mengatakan bahwa secara umum latihan yang dilaksanakan tersebut saya nilai baik diatas rata-rata.

Hadir dalam kegiatan latihan tersebut Pejabat Utama Mako Kormar, Komandan Lanal Cirebon (Danlanal Cirebon), unsur Muspida dan tokoh masyarakat Kota serta Kabupaten Cirebon,

Related posts