Yonmarhanlan XII Ikuti Apel Konsolidasi Kesiapan Penanganan Bencana Alam

Mempawah, PW: Dalam rangka menindaklanjuti kesiapsiagaan penanganan bencana alam Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII Pontianak beserta jajaran Forkopimda dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melaksanakan penggelaran personil dan peralatan serta sarana pendukung lainnya bertempat di halaman apel Ktr Bupati Mempawah. Jl Opu Daeng Manambon No 1 – Tengah, Mempawah, Kalbar. Rabu (11/11/2020).

Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) XII Mayor Marinir Anton Koerniawan, M.Tr.Opsla., dalam kesempatan ini diwakili Perwira Seksi Intelijen (Pasi Intel) Kapten Marinir Agus Hartono mengikuti jalannya Apel Konsolidasi Kesiapan Penanganan Bencana Alam di tengah situasi pandemi Covid-19 yang pelaksanakannya diambil langsung oleh Bupati Mempawah Hj. Erlina Ria Norsan, S.H., M.M., sekaligus bertindak sebagai Inspektur Apel.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa Apel Konsolidasi ini dilakukan berdasarkan analisis BMKG yang menyampaikan bahwa pada bulan Oktober dan November akan terjadi peningkatan akumulasi curah hujan yang tinggi akibat La Nina yang terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia yang mana dampak dari La Lina tersebut dapat mengakibatkan bencana hidro Metrologi yaitu banjir longsor angin kencang angin puting beliung gempa bumi dan bencana tsunami.

Ditambahkan, dalam menghadapi bencana alam yang mungkin saja dapat terjadi sewaktu-waktu di wilayah kabupaten Mempawah maka pemerintah daerah bersama dengan TNI Polri dan seluruh elemen terkait lainnya harus bersiap baik personil maupun peralatan untuk penanganan dan penanggulangan bencana tersebut, bencana alam merupakan suatu fenomena alam dapat diprediksi akan tetapi tidak dapat diketahui secara pasti kapan bencana itu akan terjadi, untuk itu kesiapan personel maupun peralatan penanganan dan penanggulangan bencana harus selalu kita siapkan dan dicek betul kondisinya, setiap elemen yang sudah memiliki tanggung jawab dalam penanganan bencana dapat langsung bergerak sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan.

Related posts