Walikota Lantik Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator Dan Pengawas di Lingkungan Pemkot Sorong

Kota Sorong (4/11) PW: Bertempat di Aula Gedung Samu Siret, Walikota Sorong Drs Ec Lambertus Jitmau MM melantik dan mengambil sumpah 50 pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas di lingkungan pemerintah Kota Sorong. Pelantikan yang dihadiri para staf ahli, kepala dinas dan pejabat pemerintah Kota Sorong tersebut berlangsung khidmat dengan menerapkan protokol kesehatan.

Walikota mengatakan jika dalam proses birokrasi, promosi jabatan itu merupakan hal yang biasa. “Ada kriteria maupun peraturan, sehingga memenuhi persyaratan dalam menempati sebuah jabatan. Jika ada tempat yang kosong, maka pegawai yang memenuhi persyaratan akan ditempatkan disana dan dilantik. Karena hal itu merupakan promosi jabatan. Dalam birokrasi, promosi jabatan merupakan hal yang biasa”, ujar Walikota.

Dikatakan Walikota bahwa pemimpin daerah harus jeli melihat formasi jabatan dalam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum terisi. Sehingga diharapkan jika sudah terisi maka OPD yang ada akan berjalan dengan baik. Karena dalam struktur OPD, kepala dinas menggerakkan sekretaris, kepala bidang, selanjutnya sampai ke staf. Sehingga semua tugas terbagi habis dan produktivitas kerja dalam setiap OPD itu akan maksimal sesuai dengan amanat Undang-undang.

Namun dalam pengangkatan pimpinan tersebut, Walikota Sorong ini mengaku tidak melibatkan Kepala Badan Kepegawaian. “Saya tidak tidak melibatkan kepala dinas kepegawaian. Karena dalam mengangkat seseorang, itu dari keputusan hati saya. Pejabat itu saya angkat, karena saya tahu kinerja kerja mereka dan tahu menempatkan mereka di posisi mana. Jabatan yang diberikan juga merupakan bentuk penghargaan dan terima kasih kepada mereka yang membantu kerja pimpinan daerah”, tutup Walikota.

//Jacob Sumampouw

Related posts