Siswa Diktukba Pusdikbanmin Kodiklatal Laksanakan Tes Samapta Akhir

Surabaya, PW: Jelang masa berakhirnya Pendidikan, sebanyak 197  siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI AL angkatan ke-50 yang sedang menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Kodiklatal melaksanakan tes Kesamaptaan akhir di Lapangan Laut Maluku Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Jumat, (20/11/2020).

Ke-197 siswa Diktukba tersebut terdiri kejuaran Tata Usaha,  Keungan, Perbekalan, Jasmani dan Musik yang saat ini sedavng menempuh pendidikan di Sekolah Bintara (Seba) Pusdikbanmin Kodikdukum Kodiklatal.

Pabanbdya Jasrek Ditum Kodiklatal Letkol Laut (KH) Slamet Basuki, S.Pd., M.Pd selaku penanggung jawab tes samapta mengatakan bahwa tes Samapta atau kesegaran jasmani akhir yang diperuntukan bagi siswa Diktukba ini merupakan rangkaian kegiatan program Pendidikan yang diselenggarakan Seba Pusdikbanmin sebelum berakhirnya program pendidikan.

“Nilai samapta ini bila digabungkan dengan nilai akademis dan kejuangan siswa sangat berpengaruh terhadap penentuan urutan rangking dan kelulusan siswa,” jelas pamen melati dua di pundak ini.

Menurutnya, dalam menempuh pendidikan di Pusdikbanmin siswa melaksanakan dua kali tes samapta Jasmani. Dua tes tersebut yakni tes samapta awal yang dilaksanakan setelah pembukaan pendidikan kejuruan dan dan tes samapta Akhir yang dilaksanakan sebelum penutupan pendidikan.

Dalam tes samapta akhir ini, diharapkan para siswa menunjukan progres signifikan dilihat dari kesamaptaan jasmaninya. Harapan peningkatan ini dilihat dari berbagia kegiatan yang dilaksanakan selama siswa menempuh pendidikan di Pusdikbanmin yang selalu menjaga pembinaan fisik.

Adapun tes garjas tersebut lanjutnya, meliputi Baterai A, berupa lari selama 12 menit minimal menempuh 2.400 meter, Baterai B meliputi Pull Up sebanyak-banyaknya selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit dan Shater Run (lari angka delapan).

Related posts