Dilantik Walikota, Drs Yakob Kareth M.Si Resmi Jabat Sekda Kota Sorong

Kota Sorong (5/11) PW: Sejak ditinggalkan Dra Welly Tigtigweria yang telah purna tugas sejak 1 Oktober 2020 lalu, kursi pimpinan tinggi pratama sekretaris daerah pada pemerintah Kota Sorong yang definitif mengalami kekosongan. Namun hari ini kursi sekertaris daerah itu telah terisi. Dimana Walikota Sorong Drs Ec Lambertus Jitmau MM secara resmi melantiik, mengambil sumpah serta menandatangani berita acara pelantikan Drs Yakob M Kareth M.Si sebagai pejabat definitif Sekretaris daerah Kota Sorong.

Pelantikan sekretaris daerah atau sekda Kota Sorong ini berlangsung di Aula Gedung Samu Siret kompleks kantor Walikota Sorong. Dimana dalam pelantikan tersebut, Walikota didampingi oleh Wakil Walikota dr Hj Pahimah Iskandar, para staf ahli, para asisten, kepala OPD dan ASN di lingkungan pemerintah Kota Sorong. Hadir juga perwakilan DPRD Kota Sorong dan pejabat TNI Polri.

Lambertus Jitmau dalam penyampaiannya mengatakan bahwa Sekda merupakan jabatan penting pada setiap daerah. Karena Sekda membantu tugas-tugas Walikota dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Karena Sekda harus mampu merangkul seluruh pegawai yang ada di lingkungan pemerintah Kota Sorong. “Sekda harus mampu merangkul seluruh pegawai di Kota Sorong yang jumlahnya hampir mencapai 9.000 orang”, ujar Walikota.

“Diharapkan Sosok pemimpin harus merangkul dan harus merendahkan diri untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Kalau kemarin begini, kemarin begitu, tapi hari ini tidak seperti itu. Tinggalkan masa Lalu ataupun perbedaan, hari ini harus pegang teguh jabatan yang diberikan. Karena kepercayaan sangat mahal, oleh sebab itu kepercayaan itu harus dijaga dengan baik dan sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia”, kata Walikota.

Yakob Kareth yang baru saja dilantik sebagai pejabat Sekda Kota Sorong yang definitif, dalam keterangannya menjelaskan bahwa tugas Sekda itu aturannya jelas sesuai Pasal 213 ayat (2) UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. “Sekretaris Daerah mempunyai tugas membantu kepala daerah dalam penyusunan kebijakan dan pengkoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas Perangkat Daerah serta pelayanan administrative serta bertanggung jawab kepada kepala daerah”, tandasnya.

//Jacob Sumampouw

Related posts