Siswa Dikjurba dan Dikjurta Kodikmar Kodiklatal Gelar Samapta Akhir

Surabaya, PW: Jelang pelaksanaan penutupan Pendidikan (Tupdik), sebanyak 83 siswa Pendidikan Kejuruan Bintara (Dikjurba) dan Pendidikan Kejuruan Tamtama (Dikjurta) yang sedang menempuh dibeberapa Pusdik dibawah Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Kodiklatal melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) akhir di Lapangan Kesatrian Ewa Pangalela Gunungsari Surfabaya, (9/10).

Pabanbdya Jasrek Ditum Kodiklatal Letkol Laut (KH) Slamet Basuki, S.Pd., M.Pd selaku penanggung jawab tes samapta mengatakan bahwa tes Garjas akhir yang diperuntukan bagi siswa yang menempuh pendidikan di Kodikmar tersebut merupakan rangkaian kegiatan program Pendidikan sebelum berakhirnya Pendidikan.

Adapun nilai samapta ini bila digabungkan dengan nilai akademis dan kejuangan siswa sangat berpengaruh terhadap penentuan urutan rangking dan kelulusan siswa.

Dalam tes Garjas akhir ini, diharapkan para siswa menunjukan progres signifikan dilihat dari kesamaptaan jasmaninya. Adapun tes garjas tersebut lanjutnya meliputi Baterei A, berupa lari selama 12 menit minimal menempuh 2.400 meter, Baterei B meliputi Pull Up sebanyak-banyaknya selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit dan Shuttle Run (lari angka delapan).

Dari hasil tes Garjas akhir yang telah di gelar para siswa mampu memperbaiki catatan waktu dan jarak yang ditempuh dibandingkan dengan tes Garjas awal pada tiga bulan lalu.

Bila pada Garjas Awal masih ditemukan yang lari ada yang di bawah 2400 meter, Di Garjas Akhir bisa memperbaikinya dengan mencapai jarak minimal 2400 dalam 12 menit, bahkan ada beberapa orang yang melampaui 3000 meter, kemudian di baterai B juga sama, di pull up yang dulu masih ditemukan hanya mampu mengangkat tubuh 4 kali kini mereka sudah mampu lebih dari delapan kali.

Related posts