Ini Nama 15 Personil Polresta Sorong Yang Dihukum Terkait Meninggalnya GKR

Kota Sorong (7/10) PW: Akibat meninggalnya salah satu tersangka curas yang sebelumnya merupakan pelaku pemerkosaan disertai pembunuhan atas nama GKR yang terjadi pada tanggal 27 Agustus 2020 lalu, berimbas pada 15 orang personil Polres Sorong Kota. Hal ini disebabkan GKR yang saat itu masih sebagai tahanan titipan di Polres Sorong Kota, meninggal didalam ruang tahanan karena dianiaya.

Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing melalui Kabid Humas Polda Papua Barat AKBP Adam Erwindi SIK MH di Mapolres Sorong Kota kembali menjelaskan GKR dianiaya oleh HA didalam sel, dimana HA tersebut satu sel dengan GKR. Penganiayaan oleh HA tersebut menyebabkan GKR meninggal dunia. Akibat meninggalnya GKR didalam sel tahanan tersebut, 15 Orang personil Polres Sorong Kota turut dihukum karena lalai dalam menjalankan tugas sesuai prosedur.

Adam Erwindi menjelaskan bahwa 15 Orang personil Polres Sorong Kota sudah di sidang pelanggaran disiplin pada 9 September 2020 lalu. “Sidang kepada 15 orang personil Polres Sorong Kota sudah dilaksanakan di Aula Triton Polda Papua Barat pada 9 September lalu. Rinciannya ada 10 orang personil Sat Reskrim dan 5 orang personil Sat Tahti Polres Sorong Kota”, terang Adam.

Dikatakan Adam bahwa 10 orang personil Sat Reskrim Polres Sorong Kota tersebut dihukum akibat pelanggaran disiplin, karena melakukan tindakan tegas terukur yang berlebihan. Sedangkan untuk 5 orang personil Sat Tahti Polres Sorong Kota pada sidang disiplin tersebut menyebutkan bahwa mereka tidak menjalankan tugas dengan benar sebagai piket jaga tahanan sesuai prosedur yang berlaku di Polri.

Hilangkan Nyawa GKR, HA Dikenakan Pasal 338 KUHP Tentang Pembunuhan

Berikut rincian 10 orang personil Sat Reskrim Polres Sorong Kota yang dihukum :
1. Ipda TM – Kanit Jatanras Sat Reskrim Polres Sorong Kota
2. Aiptu AB – Kanit Resmob Sat Reskrim Polres Sorong Kota
3. Aiptu DA – Ba Sat Reskrim Polres Sorong Kota
4. Bripka PB – Ba Sat Reskrim Polres Sorong Kota
5. Aipda YT – Ba Sat Reskrim Polres Sorong Kota
6. Bripka F – Ba Sat Reskrim Polres Sorong Kota
7. Bripka AM – Ba Sat Reskrim Polres Sorong Kota
8. Aipda K – Ba Sat Reskrim Polres Sorong Kota
9. Bripka W – Ba Sat Reskrim Polres Sorong Kota
10. Brigpol N – Ba Sat Reskrim Polres Sorong Kota

10 orang personil Sat Reskrim Polres Sorong Kota divonis kurungan dalam penempatan khusus di rutan Polda Papua Barat dan penundaan pendidikan. Sedangkan khusus untuk Ipda TM selaku Kanit Jatanras, diberi hukuman tambahan di mutasi demosi tanpa jabatan

Sedangkan 5 orang personil Sat Tahti Polres Sorong Kota yang dihukum karena tidak menjalankan tugas dengan benar sebagai piket jaga tahanan sesuai prosedur yang berlaku di Polri adalah :
1. Iptu DT – Kasat Tahti Polres Sorong Kota
2. Bripka R – Ba Sat Tahti Polres Sorong Kota
3. Bripka WIM – Ba Sat Tahti Polres Sorong Kota
4. Briptu IP + Ba Sat Tahti Polres Sorong Kota
5. Briptu MY – Ba Sat Tahti Polres Sorong Kota

“5 orang personil Sat Tahti Polres Sorong Kota ini juga dihukum kurungan dalam penempatan khusus di rutan Polda Papua Barat, penundaan pendidikan dan teguran tertulis”, ujar Adam.

//Jacob Sumampouw

Related posts