Antisipasi Kerusuhan Masa Prajurit Yonzeni 2 Mar Latihkan Dalhura

Surabaya, PW: Dalam rangka menghadapi situasi yang berkembang saat ini khususnya penolakan tentang UU Cipta Kerja Prajurit Batalyon Zeni 2 Marinir ( Yonzeni 2 Mar) yang tergabung dalam SSY ( Satuan Setingkat Batalyon) 5 Menbanpur 2 Mar yaitu SSY yang disiapkan untuk melaksanakan pengamanan dalam aksi unjuk rasa tolak omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja di Jakarta, hari ini melaksanakan latihan DALHURA ( Pengendalian Huru Hara) di lapangan Apel Kesatrian Marinir Soetedi Senaputra Karangpilang,Surabaya. Senin ( 19 / 10 / 2020 )

Latihan yang dipimpin langsung oleh Pasiops Yonzeni 2 Mar Mayor Mar Meykel Indra Nandar ini diawali dengan pembelajaran materi dakhura setelah itu dilaksanakan praktek langsung di lapangan.Mulai dari gerakan di tempat dilanjutkan dengan gerakan berjalan meliputi formasi paruh lembing, formasi berbanjar, formasi bersaf dan juga gerakan lain yang berhubungan dengan penindakan huru hara. Dalam kegiatan tersebut, disimulasikan adanya unjukrasa oleh masyarakat dan mahasiswa yang menolak diberlakukannya Omnibus Law sehingga Prajurit Yonzeni 2 Mar melaksanakan prosedur pengamanan sesuai dengan aturan.

Letkol Marinir Eko Puji Suryanto, M. M.,S.H.,M.Tr. Opsla selaku Danyon zeni 2 Mar sekaligus sebagai Komandan SSY 5 Menbanpur 2 Mar mengatakan latihan dalhura ini bertujuan untuk membekali para prajurit Marinir khususnya Yonzeni 2 Mar agar mengetahui dan mengerti tentang dasar-dasar dari pada pasukan Pengendalian Huru Hara baik ruang lingkup , pengertian dakhura, jenis formasi dasar pasukan dalhura, sikap-sikap pasukan dalhura dan persiapan pasukan dakhura dari tingkat regu sampai dengan peleton bahkan tingkat kompi.

“Kami sebagai prajurit Marinir yang dilahirkan dari rakyat,oleh rakyat dan bekerja untuk rakyat selalu mengedepankan cara persuasif dan humanis dalam pengendalian massa sehingga sebisa mungkin menghindari penggunaan tindakan kekerasan” Kata Dan SSY 5 Menbanpur 2 Mar.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan prajurit dalam mengatasi aksi huru hara, demonstrasi atau aksi massa lainya. Pelaksanaan latihan Dalhura ini tetap berpedoman pada protokol kesehatan penanggulangan Covid 19.

Related posts