40 Mahasiswa lulusan Kesdam Vl Mulawarman Resmi Diwisuda Dan Menyandang Gelar A.Md.Kep

Banjarmasin-PW:Akademi Keperawatan (Akper) Kesdam VI/Tanjungpura yang berlokasi di Jalan Sutoyo S No. 408 Banjarmasin, melaksanakan wisuda 40 Mahasiswa lulusan tahun 2020 Program Studi Diploma III Keperawatan Angkatan ke-XVI Tahun Akademi 2019/2020 yang bertempat di Hotel Golden Tulip, Banjarmasin, Kamis (10/9/2020).

Di tengah pandemi Covid 19 yang melanda Negara kita mulai awal Maret sampai saat ini diharapkan lulusan Akper Kesdam VI/Tanjungpura dapat mengisi pos-pos kesehatan dimanapun berada khususnya wilayah Kalsel dan menjadi garda terdepan dalam membantu penanganan Covid-19.

Secara simbolis wisadawan yang telah resmi menyandang A.Md.Kep diserahkan Kepada Dinas Kesehatan Provinsi sebagai tanda kesiapan Alumni dalam bertugas sebagai tenaga kesehatan. Dari 40 orang yang diwisuda, terdiri dari 25 Mahasiswa umum dan 15 Mahasiswa Tugas Belajar dari TNI yang berasal dari satuan-satuan jajaran Kodam VI/Mulawarman.

Mahasiswa terbaik 1 dengan IPK tertinggi dengan predikat comeloude atas nama Jono Setiawan dengan Ipk 3,70 yang merupakan Mahasiswa Tugas Belajar dan 9 Mahasiswa dinyatakan dengan Lulusan predikat Cumlaude.

Kakesdam VI/Mlw Kolonel Ckm dr. Puguh Santoso,Sp.KK dalam sambutannya mengharapkan agar Wisudawan Wisudawati mampu menerapkan ilmu dan keterampilan yang telah didapatkan selama kuliah dalam pengabdianya kepada Masyarakat, agar mampu menjaga nama baik, almamater, Profesi dan Keluarga dalam mengemban tugas sehari-hari.

Kakesdam juga berpesan agar Wisudawan Wisudawati mampu menjaga kode etik keperawatan dimanapun berada dan mengamalkan dengan penuh tanggung jawab serta selalu meningkatkan jiwa entrepreneurship apapun profesinya dan jabatanya harus memiliki jiwa kemandirian, mengembangkan kreatifitas yang menjadi pembeda antara perawat-perawat pada umumnya sehingga karir akan terus berkembang dimasa mendatang.

“Mahasiswa yang dinyatakan lulus adalah Mahasiswa yg telah mengikuti dan menempuh pendidikan selama 3 tahun (6 Semester)” ungkap Kolonel Ckm dr. Puguh Santoso,Sp.KK.

“Lulusan/alumni Akper Kesdam VI/Tanjungpura telah tersebar di seluruh Kalimantan dan telah banyak diterima sebagai Tenaga Paramedis baik TNI, PNS dan Swasta di berbagai Rumah Sakit pemerintah maupun swasta. Lulusan Akper Kesdam telah dibekali dengan keterampilan gawat darurat, komputer dan Bahasa inggris. Selain itu, Akper Kesdam juga sudah menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit swasta untuk rekrutmen tenaga perawatnya.” Pungkasnya

Dijelaskan oleh Direktur Akper Kesdam VI/Tanjungpura Hj Tri Mawarni S.Kep Ns.,M.Kep bahwa Akper Kesdam VI/Tanjungpura selalu berusaha meningkatkan kualitas lulusan untuk memenuhi keperluan pasar akan tenaga Keperawatan yang berkualitas. Tahun ini Akper Kesdam VI/Tanjungpura mengalami peningkatan IPK rata-rata yaitu 3.37 yang sebelumnya hanya 3.16.

Pada hari sebelumnya, Kamis (9/11) Akper Kesdam VI/Tanjungpura telah membuka kembali Pendidikan Tahun Ajaran 2020/2021, Sebanyak 80 Orang yang terdiri dari 20 Tugas Belajar dan 60 Mahasiswa umum.

Hadir dalam acara tersebut Dandenkes 06.04.02 Banjarmasin, Karumkit TK III, Pasilog Korem 101/Antasari, Ketua YWBKH perwakilan Kalsel, Perwakilan dari PPNI pusat dan Rohaniawan. Selain dihadiri secara langsung, acara ini juga diikuti secara online oleh L2DIKTI, Dinkes Prov Kalses, Dinkes Kota Banjarmasin, Karumkit Rumah Sakit Auri, orang tua dan keluarga Mahasiswa.(Mk-95).

Related posts