Prajurit Yon Kapa 1 Mar Gelar Nobar Film Kemerdekaan

Jakarta, PW: Dalam rangka memperingat HUT kemerdekaan RI ke-75, prajurit Batalyon Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri 1 Marinir (Yon Kapa 1 Mar) menggelar acara Nobar (Nonton Bareng) Film Kemerdekaan Republik Indonesia yang menceritakan tentang kiprah salah satu tokoh pahlawan nasional berjudul “Jenderal Soedirman” bertempat di Ruang Serbaguna Yon Kapa 1 Mar Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (16/08/2020) malam.

Film ini bercerita tentang seorang tokoh yang bernama Soedirman, seorang jenderal yang menderita penyakit paru-paru dan hanya memiliki satu paru-paru namun begitu gigih berjuang dan berperang gerilya melawan penjajahan Belanda. Ketika bung Karno dan bung Hatta ditangkap dan diasingkan di Pulau Bangka,Jenderal Soedirman yang sedang didera sakit berat melakukan perjalanan untuk memimpin perang gerilya selama tujuh bulan.

Dalam cerita tersebut, Belanda menyatakan Indonesia sudah tidak ada dan dari kedalaman hutan, Jenderal Soedirman menyiarkan bahwa Republik Indonesia masih ada, kokoh berdiri bersama Tentara Nasionalnya yang kuat. Soedirman membuat Jawa menjadi medan perang gerilya yang luas, membuat Belanda kehabisan logistik dan waktu. Kemanunggalan TNI dan rakyat lah akhirya memenangkan perang. Dengan ditandatangani Perjanjian Roem-Royen, Pemerintahan Belanda mengakui kedaulatan RI seutuhnya.

Dari kisah sosok Panglima Jenderal Soedirman yang ditayangkan, Danyon Kapa 1 Mar Letkol Marinir Victor Penpada, S.E., berharap agar prajurit Yon Kapa 1 Mar setelah menonton film tersebut dapat megambil intisari, bahwa untuk meraih suatu tujuan membutuhkan tekad yang kuat dan kerja sama tim yang solid, selain itu agar prajurit Yon Kapa 1 Mar mengerti dan tidak lupa tentang sejarah Perjuangan para pendahulu kita serta dapat menghargai Jasa para Pahlawan yang telah berjuang memerdekakan Negara Indonesia.

Related posts