Peringati HUT RI ke-75 Ditengah Pandemi, Dua Bati Koramil Sinergi Polsek Ngluwar Latih Pengibar Bendera

MAGELANG – PW : Dua personil Bintara Tinggi (Bati) prajurit TNI AD dari Satuan Koramil 18/Ngluwar Kodim 0705/Magelang sinergi dengan anggota Polsek Ngluwar melatih pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, di halaman Kantor Kecamatan, Kamis (13/8/2020).

Kedua Bati TNI AD berseragam PDL saat melatih tersebut yakni Pelda Giyatno jabatan Bati Wanwil dan Pelda Yuniarto jabatan Bati Komsos Koramil 18/Ngluwar. Bersama anggota Polsek Ngluwar.

Menurut Pelda Giyatno, pasukan pengibar bendera merah putih yang akan mengibarkan bendera pusaka pada upacara detik-detik HUT Kemerdekaan RI ke-75 tingkat kecamatan ini diambil oleh panitia dari pelajar SLTA. Mengingat pelaksanaan upacara HUT RI kali ini berbeda dari sebelum-sebelumnya, akibat pandemi virus corona membatasi jumlah peserta.

“Yang kita latih ini, cuma berapa orang saja karena kita tetap mengacu pada aturan pemerintah tentang protokol kesehatan. Ya enam orang saja inti dan cadangan,” ujarnya kepada peloporwiratama.co.id, Kamis (13/8/2020).

Karena pelaksanaan upacara dilaksanakan serba terbatas, baik jumlah peserta upacara dan tidak ada rangkaian kegiatan lain, pihaknya pun memberikan materi kepada Paskibraka kecamatan hanya peraturan baris-berbaris. Seperti jalan di tempat, hadap kanan, hadap kiri, haluan kanan, haluan kiri, teknik mengikat bendera dan mengerek sesuai nada lagu Indonesia Raya.

Selain itu, mereka juga dilatih penghormatan bendera merah putih dan beberapa materi lainnya yang berhubungan dengan tugas pelaksanaan pengibaran bendera merah putih. Termasuk fisik.

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun ini, dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ditengah pandemi covid-19 ini, peringatan puncak HUT RI dilaksanakan di kecamatan hanya boleh diikuti sebanyak 50 orang saja. Meski begitu, dianjurkan seluruh warga masyarakat pada pukul 09.45 WIB sejenak berhenti beraktifitas dan ikut berdiri menghormati bendera sekama 3 menit. Baik yang di pasar, di kerjaannya bahkan yang sedang melintas di jalan maupun di kebun. (Muis)

Related posts