Momentum HUT RI ke-75 Dimanfaatkan Koramil Ngluwar Adakan Komsos Dengan Sigap Merapi

MAGELANG – PW : Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Karangtalun Sertu Sutomo dan Bati Komsos Koramil 18/Ngluwar Kodim 0705/Magelang Pelda Yuniarto melaksanakan kegiatan komunikasi sosial (Komsos) dengan komunitas relawan Sigap Merapi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu rumah warga sekaligus pengurus Sigap Merapi di Dusun Dukuh Semanggi, Desa Karangtalun, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (17/8/2020) malam.

Mengingat pelaksanaan Komsos tersebut masih bertepatan perayaan HUT kemerdekaan RI ke-75, maka tema yang dibicarakan oleh Bati Komsos TNI Koramil 18/Ngluwar dihadapan sekitar 80 orang anggota Sigap Merapi adalah sejarah perjuangan kemerdekaan dan cara mengisi kemerdekaan ini.

Pelda Yunianto mengatakan komunitas relawan Sigap Merapi salah satu komponen masyarakat, sehingga perlu menguatkan kemanunggalan antara TNI dengan mereka.

Nah, karena ini momentumnya HUT kemerdekaan RI ke-75, Pelda Yuniarto pun menyampaikan sejarah perjuangan para pendahulu bangsa ini. Salah satunya seperti Panglima Besar Jenderal Sudirman. Semangat Panglima Jenderal Sudirman perlu diteladani oleh generasi muda milenial sebagai generasi penerus cita-cita bangsa.

“Paling tidak, kita bisa mengisi hasil kemerdekaan dengan hal positif sesuai profesi dan bidang masing-masing. Terutama menjaga lingkungan kita agar kondusif dan nyaman,” ujar Pelda Yuniarto.

Sementara itu, Babinsa Sertu Sutomo mengajak warga masyarakat binaannya khususnya anggota Sigap Merapi untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan agar mata rantai penyebaran covid-19 bisa dicegah.

Ia juga berpesan untuk selalu menjaga keutuhan lingkungan agar selalu kondusif. Membangun kegotongroyongan masyarakat dan saling membantu satu sama lain dalam hal kebaikan.

Ditambahkan Pelda Yuniarto, dihadapan pilihan anggota Sigap Merapi tersebut untuk selalu sinergi dengan TNI dan Polisi. Bangun komunikasi dengan baik sehingga setiap persoalan sosial terjadi bisa segera diselesaikan bersama.

Kepala Desa Karangtalun, Muzaini yang hadir dikegiatan Komsos kali ini mengatakan, kehadiran TNI AD di tengah-tengah warganya diharapkan bisa saling memberi informasi. Terutama dari Koramil bisa membantu warganya menyelesaikan persoalan sosial yang terjadi.

Hal sama dikemukakan oleh Ketua Umum Sigap Merapi, Wiyanto. Diakuinya, organisasi yang dinahkodainya siap bersinergi dengan Koramil Ngluwar dan umumnya jajatan TNI AD.

Baik Kades dan Ketua Umum Sigap menyampaikan terima kasih kepafa Koramil 18 karena berkenan hadir diacara pertemuan anggota Sigap Merapi tersebut. (Muis)

Related posts