Latpur Koarmada III Libatkan 5 Kapal Perang

Kota Sorong, PW: Komando Armada III menggelar latihan tempur (Latpur) selama tiga hari, yang dimulai hari ini tanggal 8-10 Agustus 2020. Bertolak dari dermaga Koarmada III, latihan tempur ini melibatkan lima kapal perang atau Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Lima KRI tersebut yakni KRI Teluk Lada-521, KRI Sura-802, KRI Tatihu-853, KRI Layaran-854 dan KRI Albakora-867. Selain itu, Latpur ini didukung juga oleh Kapal Angkatan Laut (KAL) Wayag, dua Sea Rider, dua pesawat udara (helly dan CN 235), Pasukan Marinir, Satuan Komando Pasukan Katak, Dinas Penyelamatan Bawah Air dan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal XIV) Sorong.

Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto M.Tr (Han) turut dalam latihan tempur tersebut dan berada di KRI Teluk Lada-521. Area latihan tempur berada di perairan Sorong, Selat Sagawin, Laut Seram, Perairan Arar dan Selat Sele.

Informasi dari Dispen Koarmada III, latihan tempur tersebut bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan keterampilan prajurit, baik perorangan maupun kelompok dalam mengawaki pos-pos tempurnya, meningkatkan kemantapan komando dan pengendalian operasi serta meningkatkan kemampuan dan kehandalan kapal, pesud, ranpur dan material Marinir.

Sasaran latihannya agar tercapai kesiapan tempur unsur-unsur Koarmada III dan Pasmar 3, meningkatkan keterampilan dan kemampuan prajurit di bidang peperangan anti kapal permukaan, peperangan anti udara, manuvra taktis, LSBA (Lawan Sabotase Bawah Air) dan SBA (Sabotase Bawah Air), pertahanan pangkalan, salvage bawah air, pendaratan khusus dan operasi pendaratan amfibi, serta terwujudnya kerja sama taktis dalam satu operasi terpadu antar unsur-unsur Koarmada II dan Pasmar 3. /Jacob

Related posts