Kecamatan Ngluwar Gelar Upacara Peringati HUT Kemerdekaan RI ke 75, Danramil Apresiasi Penerapan Protokol Kesehatan

MAGELANG – PW :  Bertempat di halaman kantor Camat Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, upacara peringatan HUT kemerdekaan RI ke 75 tahun telah dilaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih, Senin (17/8/2020).

Meski ditengah bencana nasional pandemi covid-19 tengah melanda negeri ini, namun peringatan HUT RI tersebut tetap diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian mengenang jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan.

Selain itu, melalui peringatan hari bersejarah bagi bangsa ini juga bagian dari memupuk rasa nasionalisme dan menanamkan nilai sejarah kemerdekaan RI kepada masyarakat khususnya generasi muda.

Dalam upacara bendera kali ini, Camat Ngluwar, Rohmad Zani, S.Sos bertindak sebagai inspektur upacara, dan dihadiri para undangan terbatas seperti  Danramil 18/Ngluwar, Kapten Inf Suparna, Kapolsek Ngluwar, AKP I Wayan Sudiarta, SH, dan para Kepala Desa se Kecamatan Ngluwar serta para perwakilan instansi pemerintah tingkat kecamatan.

Undangan dan peserta upacara kali ini, dibatasi hanya 50 orang. Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus jahat asal Wuhan, China itu. Begitu pula kegiatan-kegiatan lomba menyemarakkan hari kemerdekaan, ditiadakan.

“Kita hanya melaksanakan kegiatan inti, yakni pengibaran bendera merah putih. Petugas pengibar pun kita batasi hanya tiga orang diambil dari pelajar,” ujar Camat Ngluwar, Rohmad Zani, Senin (17/8/2020).

Pada saat pengibaran bendera merah putih oleh Paskibra tiga pelajar terpilih, semua kendaraan yang lewat dihentikan oleh petugas gabungan TNI, Polisi dan Linmas yang jaga di jalan raya dan diminta untuk ikut memberikan penghormatan kepada bendera merah putih.

Dalam sambutan singkatnya, Camat Rohmad Zani mengemukakan bahwa upacara pengibaran bendera hari ini sebagai tanda peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 75 dengan menanamkan jiwa patriot kepada generasi penerus bangsa.

Tidak hanya itu, camat juga mengajak para peserta upacara untuk terus bekerjasama dan berpartisipasi menjaga keamanan serta keutuhan NKRI.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada panitia dan pelatih dari Koramil Ngluwar atas peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 yang berlangsung secara khidmat.

Senada dengan Camat, Danramil 18/Ngluwar, Kapten Inf Suparna juga mengapresiasi pelaksanaan upacara HUT RI ke 75 di Kecamatan Ngluwar ditengah pandemi covid-19 karena berlangsung lancar dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan.

“Seperti pakai masker, cuci tangan dengan air atau handsanitizer dan pemeriksaan suhu tubuh saat masuk area acara,” tandasnya. (Muis)

Related posts