BPDB Kabupaten Banjar Mulai Siaga, TNI Siap Digerakkan

 

MARTAPURA-PW:Dandim 1006/ Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto S.I.P, M.M, M.I, Pol mengatakan Karhutla akan menjadi permasalahan kembali disetiap daerah, tak terkecuali di wilayah Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru.

 

Diungkapkannya bahwa  masuk musim kemarau, kini Pemkab Banjar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  bersama TNI sudah berkoordinasi dan komponen lainnya mendirikan posko siaga Karhutla.Rabu (12/8).

 

Kami memberikan saran dan masukan kepada kepala BPBD Banjar Pak Irwan Kumar seyogyanya agar mendirikan Posko karhutla tidak lain guna memfasilitasi situasi jika terjadi Karhutla agar tidak terdadak,”terang Siswo.

Alhamdulillah sudah berdiri Posko dan mulai sekarang tim satgas terpadu mulai mempersiapkan diri termasuk jumlah personil dan peralatan  Kodim Martapura sudah disiapkan.”jelasnya.

 

Sementara itu Pasi Ops Kodim Martapura Kapten Inf Mujiono usai memimpin penyemprotan lingkup Asrama Kodim Martapura menuturkan, bahwa dirinya sudah berkoordinasi  dengan institusi terkait bahkan sudah memetakan lokasi yang ada, tahun kemarin dan sekarang berbeda kita tidak tau, namun Satgas terpadu Karhutla sudah siap dalam antisipasi pencegahan dan penanganan karhutla di Kabuaten Banjar.”ujarnya.

 

Beberapa personel dan instansi terkait telah siaga terhadap karhutla, Kami juga selain sudah siapkan petugas di lapangan, perlengkapan dan alat operasional siap bergerak menangani dan antisipasi karhutla,” katanya.

 

Namun, hal penting adalah peran dan dukungan masyarakat dalam pencegahan karhutla. Karena karhutla sangat berdampak ekonomi, kerusakan lingkungan dan pencemaran udara,”tegas Pasi Ops.(Mk-95).

 

Related posts