85 Personil Bakamla RI Ikuti Diklatsarmil di Puslatdiksarmil Kodiklatal

Sidoarjo, PW: Sebanyak 85 personil Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia mengikuti Pendidikan Latihan Dasar Militer (Diklatsarmil) di Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal). Pembukaan Latsarmil ini dibuka Kepala Deputi Bidang Operasi Bakamla Laksda C Hutabarat mewakili Kabakamla RI. Adapun pembukaan tersebut dilaksanakan di Lapangan Samudera Puslatdiksarmil Kodiklatal Juanda Sidoarjo, Senin, (24/8).

Hadir dalam pembukaan tersebut para pejabat Bakamla dan pejabat Kodiklatal antara lain Direktur Pendidikan dan Latihan (Dirdiklat) Kodiklatal, Direktur Umum (Dirum)  Direktur Doktrin (Dirdok), Direktur Pengkajian dan Pengembangan (Dirjianbang), Komandan Kodikopsla, Komandan Puslatdiksarmil dan para Paban dibawah Direktorat Kodiklatal.

Kepala Bakamla RI Laksmana Madya TNI Aan Kurnia, Sos, M.M dalam amanat yang dibacakan Kepala Deputi Bidang Operasi Bakamla Laksda C Hutabarat menyampaikan sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 32 tahun 2014 tentang kelautan dan peraturan presiden nomor 178 tahun 2014 tentang Badan Keamanan Laut, Bakmala merupakan lembaga pemerintah non kementerian yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada presiden, dengan tugas melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yuridiksi Indonesia.

Sebagai intitusi yang bertugas melaksanakan patroli laut, maka selain kebutuhan hakiki unsur kapal patroli memadai, yang tidak kalah pentinnya adalah kebutuhan personil pengawak yang profesional sebagai prioritas utama. Oleh karena itulah untuk dapat melaksanakan tugas pokoknya Bakamla perlu melakukan penyiapan personil yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan profesionalisme sebagai penegak hukum yang prima dan memadai.

Dalam Diklatsarmil ini para siswa akan diberikan berbagai pengetahuan dan ketrampilan dasar militer yang memadai sebagai upaya mengubah pribadi yang semula sebagai masyarakat umum menjadi sosok para militer matra laut yang mempunyai pola pikir, pola sikap dan pola tindak serta kultur yang diwujudkan dalam bentuk naluri kesiapsiagaan, keteladananan serta kualitas mental dan integritas pribadi yang dilandasi nilai nilai kejuangan tinggi sehingga kelak menjadi personil para militer yang setara dengan Coast Guard negara negara lain.

Kepada para personil Bakamla agar menggunakan kesempatan latihan ini untuk belajar secara tekun dan bersungguh-sungguh menimba ilmu, mematangkan pengetahuan dan pemikiran serta mendewasakan kepribadian dan etika sebagai aparatur sipil negara yang handal, kredibel, beretika serta berjiwa para militer yang dapat dibanggakan oleh negara.

Related posts