Kapolres Jember Bersama Dandim 0824/Jember Buka Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Covid 19

JEMBER – PW: Bertempat diaula Bhayangkara Jl PB Sudirman Jember, pada.Rabu 27/05/2020 dilaksanakan pelatihan Pemulasaraan Jenazah (tata cara perawatan dan pemakaman jenazah) positif Covid 19, dengan protokol kesehatan, yang diikuti oleh 200 orang terdiri dari TNI dan Polri.
Para peserta adalah Polri anggota Polres Jember dan TNI anggota Kodim 0824/Jember, dengan instruktur dari Tim Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Jember yang dipimpin oleh Dr Endah Krisnawati (Dokes Urkes Polres Jember), bersama anggotanya Dr Ivan H ( Penanggung jawab Klinik Pratama Polres Jember) dan Bripka Iwan Wahyud (Paurkes Klinik Pratama Polres Jember).
Dalam kata sambutannnya Kapolres Jember AKBP Aris Supriyono menyampaikan, bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kesiapan kita, dalam menghadapi pandemi Covid 19 yang berkepanjangan ini, karena pada beberapa kasus terakhir, banyak masyarakat yang takut dan waswas saat melakukan pemulasaran jenazah Covid-19, baik itu orang dalam pantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP), apalagi yang sudah positif terpapar Covid 19.
Mereka ini nantinya yang akan bertugas di lapangan, untuk melakukan prosesi pemulasaran jenazah Covid-19, menurutnya melalui pelatihan tersebut diharapkan bisa memberi pengetahuan yang benar dalam penanganan jenazah Covid-1, Sehingga tidak terjadi kesalahan yang justru akan membahayakan diri relawan, pihak keluarga maupun masyarakat sekitarnya, halnini harus dilakukan dengan aman sesuai dengan protap pemulasaran jenazah Covid-19,” katanya.
Sementara itu usainkegiatan Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, saat kami konfirmasi terkait kegiatan tersebut, menyampaikan apresiasinya atas inisiasi Kapolres Jember tersebut, untuk itu kita Kodim 0824/Jember juga mengirimkan personel Babinsa untuk ikut pada pelatihan tersebut, sehingga antara Babinsa dan Bhabinkamtibmas sama-sama memahami dan mampu melakukan Pemulasaraan Jenazah Covid 19 sesuai protokol kesehatan yang ditentukan.
Bahkan kita nantinya kita juga melakukan hal ini kepada relawan diwilayah, sehingga pandemi ini berkepanjangan, kita memiliki kesiapan sumberdaya manusia yang terlatih, termasuk dibentuknya kampung tangguh bencana, ininjuga menjadi bagian dari mereka nantinya. Pungkas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

Total Views: 197 ,

Related posts

Leave a Comment