Tingkatkan Ketahanan Pangan, Babinsa Muara Wahau Kolaborasi Benih Padi Dengan Gapoktan

SANGATTA, PW: Bintara Pembina Desa (Babinsa) desa Miau Baru Pelda Rohmanto dari Koramil 0909-03 Muara Wahau Kodim 0909/Sangatta kolaborasi benih padi dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan turun ke sawah membantu petani menanam padi dengan melakukan persemaian bibit padi untuk ditanam kembali dilahan yang sudah disiapkan di desa Miau Baru Kecamatan Konngbeng Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (13/5/2020).

Menurut Pelda Rohmanto para petani saat ini mulai melaksanakan penanaman padi karena saat ini sudah mulai turun hujan terlebih di daerah sekitar Kecamatan Konngbeng yang sudah beberapa kali diguyur hujan yang cukup deras. Hal ini dilakukan sebagai usaha mewujudkan swasembada pangan dan pencapaian target serapan gabah produksi tahun 2020 di Kabupaten Kutai Timur.

Ditempat terpisah Danramil 0909-03 Muara Wahau Kapten Arh M. Jabal juga mengungkapkan “ Untuk menggenjot produktifitas panen padi di wilayahnya diinstruksikan kepada para Babinsa agar diupayakan percepatan masa tanam dengan mendukung kegiatan para Gapoktan di wilayah binaan masing-masing sehingga mampu meningkatkan produksi padi dan menunjang program ketahanan pangan nasional khususnya dimulai dari wilayah Kecamatan Konngbeng Kabupaten Kutai Timur.

Pendampingan Babinsa juga untuk memberi support atau dukungan kepada para masyarakat agar lahan pertanian yang ada di desa senantiasa dijaga sehingga kebutuhan pangan di wilayah Kecamatan Konngbeng bisa terus ditingkatkan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa banyak anak-anak muda yang tidak tertarik bekerja di sawah mereka lebih tertarik dengan bekerja di pabrik-pabrik besar yang ada di Boyolali sehingga dikhawatirkan dimasa masa mendatang banyak lahan sawah yang tidak terurus. Untuk itu dengan adanya kegiatan ini bisa memancing warga desa dan pemuda terutama ,mau turun kesawah seperti yang dicontohkan oleh para Babinsa di wilayah,”imbuh Danramil.

Disela sela komunikasi sosial tersebut juga Babinsa memberikan edukasi mengenai protokol kesehatan dan bahaya covid-19 kepada para petani dengan penuh keakraban.

Total Views: 323 ,

Related posts

Leave a Comment