Peninjauan Tanaman Obat Keluarga dan Ketahanan Pangan Yonmarhanlan XII

Mempawah, PW: Ketua Ranting F Cabang 1 Korcab Pasmar 1 Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII Pontianak Ny. Dinar Sofian Cahyo Utomo melaksanakan pengecekan dan peninjauan pelestarian Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan budidaya ketahanan pangan (Hidroponik serta Ikan lele), bertempat di Kebun Markas Komando (Mako) Yonmarhanlan XII Kesatrian Marinir Usman Harun. Jl. A. Rani Desa Kuala Secapah Kec. Mempawah Hilir Kab. Mempawah – Kalbar, Rabu (13/05/2020).

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka untuk melihat langsung perkembangan ketahanan pangan dan pelestarian Toga di Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XII yang telah dicanangkan oleh Korps Marinir dan Pemerintah di tengah merebaknya penyebaran Pandemi Covid-19. Kegiatan ibu – ibu pengurus Ranting F Pasmar 1 kali ini meliputi penyemaian (tanam benih baru), perawatan (pemupukan dan pembersihan ember ikan dan media tanaman sayur dari sampah) juga petik hasil terhadap tanaman keluarga (Toga) ataupun hidroponik yang sudah memasuki musim panen.

Program ketahanan pangan dan pelestarian tanaman keluarga ini juga bertujuan agar terciptanya ketersediaan ketahanan pangan berbasis mandiri di tengah kelangkaan/keterbatasan kebutuhan sayur mayur di pasaran semata untuk memenuhi kebutuhan keluarga besar Prajurit “Jaguar Yudha” Khatulistiwa akan obat-obatan khususnya selain daripada itu hasil ketahanan pangan tersebut juga dapat disalurkan kepada masyarakat sekitar, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan herbal dan sayur sayuran.

Turut hadir dalam kegiatan ini tersebut Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan XII) Letkol Marinir Sofian Cahyo Utomo, M.Tr.Opsla., Kasi Budaya Ranting F Cabang 1 Pasmar 1 Ny. Uma Agus Hartono serta Ur Organisasi, dan pengurus lainnya yang tergabung dalam Jalesanastri Ranting F Cabang 1 Pasmar 1, Yonmarhanlan XII Pontianak.

Total Views: 356 ,

Related posts

Leave a Comment