Babinsa Koramil 0824/20 Gumukmas Kawal Penggelontoran Bantuan Sosial

JEMBER – PW: Dalam upaya mengurangi dampak sosial akibat pemberlakukan pembatasan sosial yang harus dilakukan dalam percepatan penanganan covid 19, penutupan tempat-tempat wisata, tutupnya beberapa perusahaan dan tempat hiburan, sehingga merumahkan ribuan karyawan, berpengaruh pada perekonomian masyarakat.

Dalam menanggulangi dampak sosial tersebut berbagai saluran bantuan yang dapat dioptimalkan, dilakukan upaya percepatan dalam mengantisipas dampak yang lebih parah dimasyarakat, hingga upaya khusus dengan pengalihan pemanfaatan dana desa (DD), dengan mengurangi volume pembangunan, dan sebagian dana nya dimanfaatkan untuk membantu kondisi sosial masyarakat.
Seperti yang dilakukan di Desa Menampu Kec Gumukmas, pada Selasa 12/05/2020, yang menggelontorkan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari DD untuk 171 KK kurang mampu, kemudian di Desa Mayangan Kec Gumukmas Kab Jember BLT untuk 148 KK.

Babinsa Menampu Serda M Roiz dan Babinsa Mayangan Koptu Jumali saat melakukan pengawalan penyaluran BLT dengan door to door tersebut, saat kami konfirmasi menyampaikan bahwa upaya seperti ini dilakukan dalam rangka menyesuaikan dengan aturan physical distancing, kita antar ke rumah-rumah warga penerima.

Sekaligus kita memberikan arahan agar dana bantuan tersebut dimanfaatkan secara efektif oleh warga masyarakat, jangan sampai dibelanjakan hal-hal yang tidak perlu, karena kondisi kita dimasa prihatin covid 19 seperti sekarang, kebutuhan pangan harus selalu tercukupi. Kata Serda M Roiz.

Sementara itu Komandan Koramil 0824/20 Gumukmas Kapten Inf Abd Muntholib saat kami konfirmasi di ruang kerjanya menyampaikan bahwa Babinsa beberapa hari ini disibukkan dengan kegiatan pengawalan penyaluran BLT tersebut, kita Muspika telah melakukan monitoring sejak penentuan dan verifikasi penerima, dan saat ini dilakukan penyerahan kepada penerima, sudah sesuai dengan ketentuan.
Sementara itu Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin terkait bantuan tersebut menyampaikan, apresiasinya terhadap upaya memangkas dana desa untuk penanganan dampak sosial covid 19 ini, sepanjang hal tersebut tidak menyalahi aturan saya sangat mendukung sekali, kita saat ini sedang terfokus pada percepatan penanganan covid 19, termasuk dampak yang diakibatkannya dimasyarakat.

Kepada penerima saya sampaikan selamat, semoga bantuan tersebut memberikan berkah dan manfaat bagi keluarga, terutama selama masa darurat covid 19 ini, belanjakan seperlunya saja, pada masa seperti sekarang ini kita harus pandai membijaksanai pemanfaatan keuangan, dan benar sekali bahwa yang utama selama masa darurat ini jangan sampai kekurangan pangan. Kata Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

Total Views: 186 ,

Related posts

Leave a Comment