Dinyatakan Sembuh! 1 Pasien Positif Covid-19 di Kota Sorong Diperbolehkan Pulang

Kota Sorong, PW: Hari ini ini (11/5) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mendatangi kantor diklat Kampung Baru Kota Sorong. Kedatangan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bersama pihak-pihak terkait, untuk melihat langsung 1 orang pasien positif Covid-19 yang sembuh bersama keluarga dan diperbolehkan pulang atau kembali ke rumah.

Pasien positif yang sembuh dan diperbolehkan pulang tersebut berinisial YT, laki-laki berumur 71 tahun dan tinggal di Kelurahan Giwu. Sebelumnya YT sudah dinyatakan sembuh namun belum diijinkan pulang. Sehingga masih dilakukan karantina oleh petugas, bertempat di Diklat Kampung Salak Kota Sorong. Namun hari ini, setelah melalui prosedur Covid-19 YT dinyatakan bisa pulang.

YT bersama keluarga yang di karantina tersebut di jemput oleh para medis yang berpakaian Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dari kamarnya di Diklat Kampung Salak. YT yang sudah berusia lanjut ini, sangat senang karena sudah dinyatakan sembuh. Sehingga raut wajahnya penuh dengan kegembiraan.

Tim Gugus Tugas memberikan apresiasi kepada YT bersama keluarga dengan memberikan berbagai bingkisan dan bantuan. YT menyampaikan terimakasih kepada para tenaga medis yang sudah menanganinya bersama keluarga, sehingga dirinya dapat sembuh. “Selain kepada Tuhan, saya sampaikan terimakasih kepada para medis. Karena sudah merawat saya, sehingga saya sembuh dan bisa pulang dengan sehat”, kata YT.

YT juga berterimakasih kepada pemerintah yang turut mendukung kesembuhannya. Dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mematuhi semua aturan pemerintah dan tetap menjaga kesehatan. dr Lady Florensia Hay pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa YT ada penyakit bawaan yaitu penyakit paru-paru. Oleh sebab dilakukan koordinasi dengan tim dokter penyakit dalam RS Selebesolu.

“Selama disini kami terus pantau, karena faktor usia juga penyakit bawaan. Kami terus memberikan vitamin, suplemen dan obat-obatan lain. Konsumsi yang diberikan oleh Tim Gugus Tugas sudah sangat baik. Bukan hanya YT, namun juga untuk keluarganya walaupun mereka negatif”, jelas dr Lady.

Dirinya menambahkan bahwa kesembuhan YT selain karena semangat ingin sembuh, juga dukungan penuh dari keluarga. “Saya mengapresiasi dukungan penuh oleh istri, anak dan cucu dari YT. Karena waktu mau isolasi disini, keluarga mengatakan mereka ikut YT, sehingga itu memotivasi kesembuhannya. Dari sini mereka akan checkup dulu di RS Selebesolu kemudian kembali ke rumah”, imbuhnya.

YT yang dinyatakan sembuh dan bisa kembali ke rumah tersebut, sudah sesuai protokol kesehatan Covid-19. Dimana setelah didiagnosa positif Covid-19, YT isolasi mandiri dirumah selama 7 hari, kemudian isolasi 14 hari di Diklat Kampung Salak. Kemudian kembali dilakukan pemeriksaan sampel sebanyak dua kali dan hasil swabnya dinyatakan negatif. Sehingga sesuai protokol kesehatan Covid-19 pasien positif dan kemudian dilakukan uji sampel sebanyak dua kali dengan hasil negatif, dapat dipulangkan.

*Jacob Sumampouw

Total Views: 815 ,

Related posts

Leave a Comment