IMMP Merupakan Keterampilan Yang Wajib Dikuasai Prajurit Yonbekpal 2 Marinir

(Situbondo) PW,- Menginjak hari ketiga Latihan Satuan Dasar (LSD) II TW. II TA. 2022 Yonbekpal 2 Marinir terus berkomitmen untuk mengasah kemampuan prajuritnya dengan menjalani berbagai materi latihan dan drill teknis, salah satunya adalah ilmu medan membaca peta (IMMP) yang dilaksanakan di Pusat Latihan Pertempuran (PLP) Korps Marinir 5 Baluran Situbondo Jawa Timur. Senin (20/06/2022).

“IMMP adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang bentuk-bentuk medan atau permukaan bumi dan mempelajari bagian-bagian permukaan bumi yang digambarkan pada bidang datar. Metode latihan dimulai dengan teori di kelas mempelajari cara menghitung jarak dan langkah serta cara mengoperasikan kompas dengan menggunakan lembaran peta. Adapun alat instruksi yang digunakan untuk pendalaman ilmu ini berupa lembaran peta, kompas, alat tulis, dan protektor.

Dalam latihan kali ini, terbagi menjadi 5 Tim dimana tiap-tiap Tim mempunyai titik start dan garis finish yang berbeda, melewati perkebunan, hutan dan pemukiman penduduk dengan tetap memperhatikan arah bidikan pada kompas.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Yonbekpal 2 Mar Letkol Marinir Dany Christiawan S.P menegaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini untuk membekali para prajurit dengan pengetahuan dan keterampilan tentang ilmu membaca peta, TP-GP, jalan kompas, membaring dengan kompas, reseksi, interseksi menentukan kedudukan koordinat pada peta dan Global Positioning System (GPS).

“Diharapkan para prajurit menguasai pengetahuan navigasi dalam mendukung penugasan sehari-hari dengan begitu instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan profesional dapat tercapai,” imbuhnya.

Related posts