Anggota Kodim 1010/Tapin Rawat Lahan IFS, Tak Kenal Hari Libur

TAPIN -PW: Hari libur bukan menjadi penghalang bagi anggota Kodim 1010/Tapin melalui Staf Teritorial, untuk melaksanakan perawatan Lahan Integrated Farming System (IFS) yang berlokasi di Desa Bitahan Baru, Kecamatan Lokpaikat, Minggu, (15/05).

Diterangkan Pasiter Kodim 1010/Tapin, Kapten Inf Yanto Harsono, Lahan IFS ini diluasan 0,5 Hektare ditanami tanaman terong, cabai, tomat, dan jahe, selain itu ada juga penanaman secara hidroponik untuk selada, kangkung dan sawi.

“IFS merupakan pengolahan lahan dengan menggabungkan pertanian, peternakan serta perikanan yang dilakukan dalam satu kawasan atau titik,”jelasnya

Lebih lanjut, Kapten Yanto mengatakan, perawatan secara rutin perlu dilakukan, yang tujuannya untuk mengetahui secara dini bila tanaman terserang hama ata organisme pengganggu tanaman lainnya, sehingga dapat dilakukan penanganan secara cepat, tepat dan benar.

“Kalau ditangani secara cepar, maka dapat dipastikan hama pengganggu tidak merajalela di kawasan IFS,”tuturnya

Menurut Pasiter, Aktivitas Anggota Kodim Tapin di Lokasi IFS, merupakan upaya khusus ketahanan pangan dalam mendukung serta mensukseskan program swasembada pangan.

“Paling tidak, kehadiran anggota di lapangan mampu memotivasi masyarakat sekitar untuk mau belajar dalam bidang pertanian, peternakan serta perikanan, yang mana lahan IFS ini terbentuk dengan adanya kerjasama dari berbagai pihak,”pungkasnya.(red/mask95).

Related posts